RSS

sejarah desa kaluwatu


hei sob, berikut merupakan sejarah dari desa kaluwatu di sanger. walaupun penulis tinggal dan hidup di tanawangkobigland, akan tetapi ibu dari penulis berasal dari desa kaluwatu tercinta dan hampir tiap tahun keluargaku (papa, mama, ade misye, deng qt) pulkam atau bahasa gaulnya "mudik" ke kaluwatu,., 
    secara etimologi atau asal usul kata, kaluwatu berasal dari kata
Kalu = kayu
Watu = batu
jika diterjemahkan secara harafiah dapat dikatakan desa kaluwatu dapat berarti desa Kayubatu.
mengapa disebut kayubatu? 
karena perlu diketahui bahwa diatas gunung di desa Kaluwatu terdapat Kayu batu yang sangat besar dan  uniknya berdiri tepat di atas batu putih yang sangat besar pula. kayubatu ini konon katanya memiliki penunggu yang menjaga desa kaluwatu tercinta,.,.,
  
  fakta lain tentang desa kaluwatu adalah bahwa batu putih tempat berdirinya pohon kayubatu itu, memiliki keunikan tersendiri dimana bentuknya seakan menyerupai gambar gereja katedral yang megah.,., dimana disekitarnya terdapat tengkorak manusia beserta tulang- belulangnya yang tersimpan rapih seakan mempertegas keangkeran tempat itu.
   
   di desa ini juga terdapat gereja tua yang besar, dimana lonceng gerejanya dibuat dari meriam peniggalan dari belanda. jika hari minggu atau ada ibadah dan dibunyikan maka lengkingan/dentumannya terdengar seantero desa Kaluwatu.

      
    sekedar informasi lebih lanjut bahwa terdapat air terjun Tedunang. air terjun ini sangat indah dimana terdapat 2 ceruk yang cukup lebar dan yang menarik dari air terjun tedunang ini adalah kolamnya sangat dalam dan konon katanya terdapat belut berwarna putih/albino atau biasa disebut oleh orang sekitar sebagai Sogili Putih. disamping itu airnya sangat dalam dimana dulunya pernah diukur oleh opa mahiborang menggunakan batang kelapa akan tetapi ujungnya tidak mencapai dasar kolam,., ckckck bayangin aja sob,., dan untuk menuju air terjun Tedunang memang harus menempuh medan yang cukup sulit, tapi berhubung rumah keluarga dan saudara2 mahiborang-ku terdapat di daerah Pindang maka cukup 10 menit menuju kesana,. dan jika pulkam hampir tiap hari penulis dan aradus dan saudara seperti Bemmy, Billy, Steve, Dunde, David, mandi di sana.
    untuk mencari informasi tentang orang  - orang Kaluwatu, lihat aja di Kaluwatu group di Facebook.

sekian dulu artikelnya,., semoga bermanfaat
lantarang ja tulis artikel ini riki so kangen tre mo pulang sanger,., mo mandi di kuala kaluwatu yang bersih, ba sibu udang pake ura, ba cari pala di kobong keluarga, sampe tidor pake lampu botol di rumah keluarga mahiborang di pindang pa mama akang Ade,., Kaluwatu oh kaluwatu
  kuala di pindang
 smp di Kaluwatu
 barunsude,.,
 gambar desa kaluwatu
 gambar desa kaluwatu di belakang SD,.,
 gambar anak2 desa kaluwatu yang devi patonegan da post di grup kaluwatu
 

okokok,.,., sapa yang tau lebeh lanjut boleh kase masukan jow,.,



4 Responses to "sejarah desa kaluwatu"
Unknown said...

Qt deng meyer pe foto itu waktu da nae di akar batu bukit tengkorak


July 13, 2014 at 2:17 AM
Myyerblogspot.com said...

jelas ceritanya,
ijin copas yaa and image tong pe Kaluwatu, mksih
Syair Lama:
Buludu Limangu, Bowong Senselang, Batu Mawira/Batu Taloara = isire telu nipeniala soang Kaluwatu tawe i kawala, seng nehapi anu sembau ikekendage lembong inang nanentung tatuno naung.
Musik Bambu Tadah- Meyer Lahete sering menyajikan lagu tersebut pada hari raya adat Sangihe dan Hari Raya Nasional di Kaluwatu.
Somahe Kai Kehage.


October 23, 2017 at 4:23 AM
Myyerblogspot.com said...

Saudaraku, kalau boleh saran, kiranya di sertakan daftar nama2 Kadesnya sejak pertama : dari Opolao DentiKase (alias Kasiaheng) terus Gaghana terus ketiga Opo lao Masambentiro dan seterusnya sama ungke Julian Polohindang pasti ada sejarahnya di catatan ayahnya Kades kaluwatu 199an.
mksih


October 23, 2017 at 4:27 AM
Myyerblogspot.com said...

Kasih sayang ibu PKK terhadap masyarakatnya di Kaluwatu sehingga di ciptakanlah Lagu Bludu Limangu, itu saja dari saya.

Benar nama Kaluwatu karena bertumbuhnya Kayu di atas batu, dan kayu itu boleh bikin onslak skap hehe


October 23, 2017 at 4:32 AM

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors