RSS

Nama Populer di Manado Sulawesi Utara


Sebagai orang Sulawesi Utara khususnya Tanawangko yang merupakan daerah Minahasa dan berdekatan dengan Kota Manado, kita seharusnya tahu nama2 yang populer atau sering digunakan oleh orang tua Manado untuk menamakan anak - anaknya. 
setelah sekian lama pengamatan, maka penulispun mengelompokan nama orang manado populer dalam:

  • Nama Serapan Belanda
Antje, Joutje, Mintje,Hans, Sartje, Ross, Ventje
nama - nama diatas merupakan nama serapan dari Bahasa Belanda, yang dimana dulunya pernah mengkolonisasikan Sulut sebagai daerah jajahan kesayangan Belanda. nama - nama ini sekarang sudah tidak digunakan lagi oleh anak -anak muda. ini dibuktikan dengan tidak adanya lagi adik kecil yang bernama Hans, atau antje. nama - nama diatas hanya melekat buat orang tua2 doloe, dan lekat dengan kata Om atau Tanta/tante. Antje, Joutje Hans merupakan nama laki -laki sedangkan Mintje, Sartje, Ross untuk nama perempuan.
ada yang menarik dari nama Antje, dan Mintje, dimana tamu orang Belanda pernah mengatakan kalau nama tersebut berarti awet muda atau 'forever young',.,
  • Nama Minahasa Asli
Alo, Tole, dan Marga -marga doloe. 
Nama alo dan tole memang nama paling sering digunakan oleh orang minahasa, ini disebabkan karena keduanya berarti anak kesayangan orangtua. disamping itu nama yang digunakan oleh orang minahasa memiliki arti penting dalam struktur sosial dan dalam adat Minahasa, untuk itu nama -nama dotu Minahasa doloe di abadikan dengan Fam/Marga2 sekarang ini, misalnya Manengkey, Matindas, Lasut. dll.
  • Nama Serapan Asing Modern
Tidak dapat dipungkiri bahwa pengaruh asing telah merambah dunia Manado Minahasa baik secara cara pandang, budaya hingga menamakan anak. ini dibuktikan dengan banyak orang minahasa dan Manado telah menggunakan nama2 internasional. diantaranya Tommy, Diana, Michael, Rendy, Rexy, Steven, Steve, Rio, Ronny dll. dan yang paling baru ditemukan bahwa banyak orang tua yang menamakan anaknya berdasarkan atas kecintaannya pada sepakbola, so anaknya dinamakan Totti, Vieri hingga Beckham.
  • Nama Alkitab
Daerah Sulawesi Utara khususnya Manado, Minahasa, Sanger, Bitung masih didominasi oleh agama Kristen. sehingga orang -orang kristen didalamnya banyak yang menamakan anaknya dengan berdasarkan Alkitab. ini dibuktikan dengan sering dijumpainya orang bernama Johannes/yohan, Hanna, Petrus/petu, David, Yehesikiel/Hesky,Yusuf, Yakobus, Josafat(nama ayah penulis)dll.
  • Nama Orang - orang Sanger/sangihe
Orang sanger/sangihe memiliki budaya berbeda dengan Minahasa dan Manado, akan tetapi karena mayoritas penduduk kristen sehingga banyak juga yang menamakan anak mereka dengan nama Alkitab.
Selain itu nama - nama seperti Ungke, Opo, Wawu, Hembo, sering terdengar untuk nama orang sanger/sangihe.

demikian pembahasan atas Nama -nama Populer orang Sulawesi Utara. semoga bermanfaat.
Manado kota orang dengan moto 'Torang Samua Basudara'


0 Responses to "Nama Populer di Manado Sulawesi Utara"

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors