RSS

Tanawangko


      Tanawangko merupakan tempat yang terdiri dari beberapa desa,., 
berdasarkan etimologi Tanawangko berasal dari bahasa tombulu yaitu Tana = tanah atau wilayah darat dan Wangko = Besar.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Tanawangko merupakan Tanah yang CUKUP Besar,.,
 Tanawangko sebenarnya hanya sebutan orang - orang untuk bagian dari kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia,.,
Dalam Daerah Tanawangko ini terdiri atas Mokupa, Tambala, Kampung Tua, Kampung Baru, Sarani, Borgo, Ranowangko
       
     1.  Mokupa merupakan daerah Tanawangko yang pertamakali akan ditemui saat memasuki kecamatan                    Tombariri dari arah Kota Manado. Di daerah ini terdapat beberapa Spot untuk berwisata atw rekreasi,., sebut saja Mokupa Palace,., Minahasa Prima Resort, Tasik Ria,., . Di daerah ini dulu pernah ada Hotel yang sangat Terkenal dan yang menghebohkan dengan sisi gelapnya ( Korupsi) yang biasa disimak di televisi sekitar tahun 1990 an, persekongkolan tersebut bernama MBH GATE,.,. :(. di daerah ini juga terdapat tempat yang khusus menjual aneka buah- buahan, seperti mangga, rambutan, alpukat, langsa, manggis, pisang,., tapi ketersediaan buah tersebut tergantung sama musim berbuahnya. 
 di sepanjang jalan lurus( orang sini blg jalang tre) terdapat sumber air yang dimanfaatkan masyarakat sekirat tanawangko untuk mencuci motor atw juga mobil.
    2.  Tambala  merupakan desa dimana terdapat lapangan sepakbola yang cukup luas yg bilamana setiap 17 agustus (hari kemerdekaan qt choy) diadakan upacara bendera se kecamatan tombariri,.,. di desa ini juga terdapat rumah dinas camat n juga beberapa namet2qu seperti Medot, Yandri, yang lebih gaul daripada anakmuda yg seringkali rusuh dengan kampungku dulu.,., desa ini cukup unik dalam pengejaannya,. ,check this out : +6 = Tambala. mengapa? + biasanya disebut TAMBAH, dan 6 = La dalam tangga nada. 
    3.4 kapung Tua and Kampung Baru.,.,  ini merupakan kampung yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan. di kampung islam ini terdapat mesjid yang cukup besar,., tapi untuk diketahui wlwpun begitu tidak ada masalah buat orang Tanawangko yg mayoritas Kristen,., mengapa? Jika kuingat wktu sekolah dulu,., saat Ramadhan apalagi Hari Ketupat kami sering Bertamu (Mangodo org sini bilang) n makan2. kampung tua lebih dulu berdiri dari yang satunya dan terdapat di sekitar pasar dan kampung baru berada di jalan lurus setelah tambala. sekedar info hati2 kalo lewat pake motor dengan kecepatan tinggi di kampung baru karena terdapat banyak kambing yang sering melintasi jalan raya tanpa mengacuhkan kendaraan. di daerah ini juga terdapat pabrik minyak kelapa yang cukup besar. 
    5. Borgo   daerah setelah pasar yg berbatasan  langsung dengan ranowangko,.,., di daerah ini pernah terdapat bioskop yang cukup mumpuni di era 1990 an ,., film yang lucu dulu berjudul 'iblis tak berdosa atau tengkorak tak bertulang'.,., hehehe
    6. Ranowangko  di desa inilah aku hidup,.,., Ranowangko terdiri dari 2 suku kata Rano yang berarti Air dan Wangko yang berarti Besar,.,., itu dulu postingan hari ini karena skrg sudah sore dan saatnya maen basket di SMA 1 TOmbariri dengan teman2 ,.,. ,n hampir lupa karena ranowangko adalah desaqu maka ada artikel tersendiri yang cukup komplit lainnya yg membahas tentang desa yg dukup luas ini,., :)  ciao


3 Responses to "Tanawangko"
thejourney said...

Keren, (y)
mar Tom qt cma mo tmbahkan, mnrt pembicaraan Tua-Tua Borgo, klu sebenarnya itu TANAWANGKO bukan TANAWANGKO tapi TOUWANGKO (ORANG-ORANG BESAR). Dulu pernah hidup orang-orang besar, orang-orang yang pernah punya jabatan tinggi, orang-orang kaya di TANAWANGKO.


May 5, 2015 at 11:26 AM
tommy damima said...

Io so?
Q koman blum pernah dengar... sedangkan org borgo asli keturunan portugal mo... kage kasi ng da dapa info dari tua2 pas smntr bagate kank..wkwkwk.


August 20, 2015 at 12:59 PM
franco tambahani said...

Blajar dulu bae bae ungke...


October 5, 2015 at 4:36 AM

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors