RSS

Merawale tradisi Unik Memindahkan Rumah Minahasa


Merawale tradisi Unik Memindahkan Rumah Minahasa.  Minahasa terkenal dengan kebersamaan dan kegotong royongannya,. dari mapalus hingga memindahkan rumah,. dan dikesempatan kali ini akan dibahas tentang tradisi memindahkan rumah di Minahasa,. cekidot:
Tradisi Memindahkan Rumah secara tradisional dengan digotong ram32 disebut Merawale,. dimana kata wale berarti rumah,. 
tradisi Merawale ini dilakukan oleh orang sekampung baik muda - mudi, om2, tante2 hingga anak2,. sayangnya kegiatan yang cukup unik dan menarik ini sudah tidak dilakukan lagi oleh masyarakat Minahasa,. katanya sich kegiatan Merawale ini hanya populer hingga akhir taon 70an,. bagaimana dengan sekarang?? jangankan masyarakat yang sudah tidak mau bergotong royong mengangkat sesuatu, rumah2 sekarang sudah terbuat dari semen dan besi yang tidak mungkin kita angkat sob.
 Tradisi Merawale ini biasanya dipimpin oleh seseorang yang dituakan guna mengkomandoi para masyarakat yang bergotong royong memindahkan rumah, ini dimaksudkan agar gerakan masyarakat menjadi seirama (tidak ada yang kekiri ato kekanan diwaktu bersamaan).
Merawale menggambarkan simbol kepolosan dan kebersamaan masyarakat Minahasa,.dimana semua orang yang terlibat didalammnya tidak ada yang dibayar, hanya mendapatkan sajian kopi, ato teh, captikus, rokok hingga kue cucur,. dan ditambah seuntai kalimat makase banya neh :))   
so what?? tidak masalah, yang penting tidak mengganggu seseorang 
demikian postingan kali ini tentang Merawale tradisi Minahasa memindahkan Rumah 
semoga bermanfaat


0 Responses to "Merawale tradisi Unik Memindahkan Rumah Minahasa"

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors