RSS

Asal Usul Danau Tondano


Asal - Usul Danau Tondano,. Tondano merupakan sebuah kota kecil didaerah highland Minahasa, dan taukah anda kalau didaerah tersebut terdapat sebuah danau besar yang merupakan sumber terbesar untuk hasil ikan air tawar di Manado dan Minahasa,. dan Danau Tondano ternyata memiliki cerita unik tentang asal usulnya sampai terbentuknya danau terbesar di Minahasa itu,. cekidot:
   Cerita Danau Tondano bermula ketika pada zaman dahulu kala di daerah Tondano, Sulawesi Utara, berdiri gunung yang sangat tinggi. Di lereng gunung tersebut terdapat 2 wilayah, yaitu utara dan selatan. Wilayah dimana daerah Selatan dikuasai oleh seorang Tonaas (Penguasa) yang memiliki putra tunggal yang bernama Maharimbow. Sementara Tonaas utara juga memiliki putri tunggal yang bernama Marimbow. Penguasa bagian utara diselimuti kerisauan saat memikirkan pewaris tahtahnya nanti, karena anaknya seorang perempuan. Untuk mengatasi hal itu, ia membuat suatu ide yang terasa aneh. Ia meminta anaknya untuk berpakaian dan berperilaku layaknya laki-laki dan meminta ia untuk tidak menikah seumur hidup. Permintaan Tonaas Utara di setujui dan di ikrarkan dalam upacara adat dihadapan Opo Empung (Tetua). Apabila sumpah itu dilanggar maka akan terjadi maapetaka yang dasyat ditanah itu. Sementara itu, rupanya Tonaas wilayah selatan memiliki masalah yang hampir sama. Maharimbow diminta ersumpah untuk tidak menikah selama ayahnya masih hidup.
 
     Pada suatu hari kedua pewaris tahta tersebut bertemu didaerah perbatasan. Maharimbow merasakan bahwa orang yang dilihatnya itu, meskipun berpakaian seorang kesatria tetapi memancarkan kelembutan seorang wanita. Ia menjadi penasaran dan ingin mengetahui orang misterius itu. Pada pertemuan berikutnya yang dimulai dengan pertengkaran/perkelahian, Maharimbow berhasil membuka tabir bahwa orang misterius itu adalah seoarang perempuan. Dialah Marimbow ! Kemudian mereka berdua saling menaruh hati dan bersepakat untuk menjadi sepasang suami-istri dan bertekat untuk mempersatukan kedua wilayah tersebut. Namun, mereka tida menyadari bahwa mereka telah melanggar sumpah yang telah mereka Ikrarkan. Keesokkan harinya, tiba-tiba terjadi gempa dan gunung meletus yang begitu dasyat sehingga memusnakan daerah itu dengan bebatuan dan larva dan berubah bentuk menjadi suatu kubangan besar yang akhirnya menjadi danau yang kita kenal sekarang dengan nama danau Tondano
  sumber : p4mriunima.wordpress.com
 
demikian postingan tentang asal usul terbentuknya Danau Tondano,. semoga bermanfaat. dan semoga saja danau yang sekarang ini menjadi tempat tujuan wisata turist mancanegara ini (untuk makan siang di restoran di danau tondano dan makan mujair bakar) tidak hilang tertimbun eceng gondok,. 
 


0 Responses to "Asal Usul Danau Tondano"

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors