RSS

Sejarah Perayaan Imlek Tahun Baru China dan budaya dibalik Imlek


Sejarah Perayaan Imlek Tahun Baru China- Perayaan Imlek memiliki sejarah panjang. sejarah yang kemudian membuat budaya yang dibawa dari china ini dirayakan hampir diseluruh dunia. ini disebabkan china merupakan negara dengan masyarakat yang banyak dan suka merantau, hingga menyebabkan hampir di setiap negara terdapat orang china maupun china keturunan. dan disamping itu mereka membangun pecinan.
 Imlek berasal dari bahasa Hokkian yaitu:
Im= Bulan
Lek = Penanggalan
    Sejarah perayaan Imlek atau tahun baru china sebenarnya berasal dari Tiongkok yang merupakan perayaan Musim Semi atau dalam bahasa aslinya disebut Chung Chie Perayaan ini diiringi ritual bernama La (hari terakhir dalam satu tahun pada saat panen raya sudah dirampungkan dan sebagai ungkapan rasa syukur, orang Chinese (Tionghoa) memberikan sesaji kepada para dewa dan leluhur). perayaan Imlek biasanya jatuh pada akhir Januari sampai awal februari.
 dimana dulunya, Negeri Tiongkok dikenal sebagai negara agraris. Setelah musim dingin berlalu, masyarakat mulai bercocok tanam dan panen. Tibanya masa panen bersamaan waktunya dengan musim semi, cuaca cerah, bunga-bunga mekar dan berkembang. Lalu musim panen ini dirayakan oleh masyarakat. Kegembiraan itu tergambar jelas dari sikap masyarakat yang saling mengucapkan Gong Xi Fa Cai, kepada keluarga, kerabat, teman dan handai taulan. Gong Xi Fa Cai artinya ucapan selamat dan semoga banyak rejeki dan perlu diketahui perayaan imlek selanjutnya ditutup dihari ke 15 setelah tahun baru dengan pertunjukan Cap Go Meh yang meriah di sepanjang jalan hingga Klenteng di tiap daerah.
   disamping sejarah Imlek diatas, juga terselip legenda bahwa perayaan Imlek juga mensyukuri dijinakannya makhluk raksasa 'Nian'. makhluk ini ditangkap oleh Hongjun Lao Tze, seorang pendeta Tao. Nian kemudian menjadi hewan tunggangan Hongjun Lao Tze.
berikut budaya yang berkaitan dengan Tahun Baru China Imlek:
  • Memberikan Angpao
Memberi Angpao di perayaan Imlek sangat penting. biasanya orang tua atau yang sudah punya penghasilan akan memberikan uang kertas yang baru- baru kepada anak- anak ponakan, saudara, tetangga hingga orang miskin.
  • Mie yang Panjang
mie yang panjang saat Imlek akan mendatangkan umur yang panjang katanya. untuk itu jangan siapkan mie instan yang kriting supaya hidup anda tidak pendek dan berliku seperti bentuk mie,. ,hikss
  • Bersih - bersih rumah
Sehari sebelum Imlek Anda perlu menyapu rumah sebagai simbol membuang semua kesialan sehingga tersedia cukup ruang untuk keberuntungan. Setelah itu, jauhkan semua peralatan seperti sapu dan sikat dari jangkauan. Jangan menyapu rumah di hari pertama tahun baru karena hal itu dipercaya akan ikut menyapu semua keberuntungan.
  • Pernak Pernik Berwarna Merah
jika dilihat pasti saat perayaan Imlek penuh dengan warna merah dari pakaian, ornamen hingga angpao. ini disebabkan hewan 'Nian' katanya takut dengan warna 'darah' ini alias warna merah.
  • Barongsai
Menurut bahasa Cina, Sai artinya Singa dan dianggap sebagai Raja binatang. Ceritanya dulu di Negeri Tiongkok, di setiap rumah pejabat tinggi ada dua patung Singa. Di samping untuk menjaga keselamatan, patung Singa dinilai membawa kemegahan, sekaligus juga membawa kebahagian dan rezeki
  • Cap Go Meh
Cap Go Meh merupakan tradisi yang mungkin paling ditunggu masyarakat yang bukan china keturunan. dimana dalam Cap Go Meh beberapa orang akan dimasuki oleh dewa mereka dan akan beratraksi memotong - motong badan mereka yang kebal hingga menusukkan jarum ke lidah
 
demikiannlah sejarah Imlek sebagai tahun baru china dan budaya- budaya yang melingkarinya. semoga bermanfaat. Selamat Tahun Baru China tanggal 10 Februari 2013.


1 Responses to "Sejarah Perayaan Imlek Tahun Baru China dan budaya dibalik Imlek "
Misye Inry said...

gong si fat choi ka


February 9, 2013 at 4:35 PM

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors