RSS

EkspresiTertawa dan Manfaatnya



Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang. itulah sepenggal kalimat yang biasa dilihat sebelum dimulainya film Warkop. setelah ditelaah lebih lanjut ada benarnya juga bahwa kita tidak perlu ragu untuk tertawa dan yang perlu dicatat bahwa dengan tertawa kita dapat membuat diri kita dan orang lain disekitar menjadi lebih happy dari sebelumnya. juga ditambahkan bahwa Tertawa itu GRATIS. berikut manfaat tertawa dari berbagai sumber:
  •  Baik untuk Jantung
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika Anda tertawa, ada peningkatan aliran darah yang kaya akan oksigen ke dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya pelepasan endorfin, yang membuat perasaan negatif dan stres menghilang. Anda bisa bantu menyehatkan jantung dengan melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan endorfin seperti,mendengarkan musik yang disukai, olahraga dan juga tertawa.


  • Menjaga Keutuhan Hubungan
Komunikasi yang diselingi dengan humor bisa membuat hubungan jadi menyenangkan, tidak membosankan dan bebas dari rasa khawatir. Tidak hanya bantu mengubang pandangan seseorang terhadap masalah dari sisi yang menyenangkan, tetapi juga memperkuat hubungan dan kebersamaan.

  •  Mengubah Mood Buruk
Tertawa juga membantu seseorang menahan energi negatif saat suasana hati buruk. Endorfin yang dihasilkan saat tertawa membuat perasaan jauh lebih baik.
  • Mengurangi rasa sakit
Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa penderita penyakit kronis tidak merasa terganggu dengan rasa sakitnya tersebut ketika mereka sering tertawa. Tertawa tidak akan menyembuhkan sakit kronis Anda, tetapi bisa membantu meringankan rasa sakit yang diderita.


  • Mengurangi Stres
Sebuah studi mengatakan bahwa manfaat dari rasa humor dan tertawa yaitu mempu meminimalisir pikiran negatif dalam kehidupan yang menyebabkan depresi. Tidak hanya itu, tertawa dapat mengurangi rasa kesepian dan membuat seseorang berpikir lebih positif terhadap diri mereka sendiri.
menurut asalasah.blospot.com
Selain itu tertawa juga memiliki beberapa fakta unik, diantaranya:

1. Ternyata anak-anak lebih banyak tertawa dibanding dengan orang dewasa. Mereka bisa tertawa 400 kali dalam satu hari, sedangkan orang dewasa hanya sekitar 15 kali dalam sehari.

2. Lelucon dan cerita lucu membuat anak akan terbantu dalam mengenal berbagai hal seperti hubungan sebab-akibat, perbendaharaan kata baru, etika sosial, dan lain-lain.

3. Anak-anak mempuanyai selera humor dan kemampuan beradaptasi yang baik dengan teman sebayanya.

4. 126% wanita tertawa lebih banyak daripada laki-laki.

5. Laki-laki lebih mudah dijadikan bahan tertawaan daripada anak perempuan.

6. Tawa adalah bahasa yang universal dan ekspresi emosi yang sulit untuk dipalsukan dan ditutup-tutupi.

7. Bagian otak yang bereaksi karena tertawa adalah medial ventral pefrontal cortex, yaitu bagian yang ikut berperan dalam perkembangan kognitif, kepribadian dan emosi.

8. Lelucon dan sesuatu yang lucu merupakan ice breaker yang paling efektif.

9. Tertawa sama halnya seperti berolahraga, ketika tertawa, otot-otot wajah akan meregang dan denyut nadi akan seperti sedang berolahraga, tidak hanya itu, tertawa juga memperlancar distribusi oksigen ke seluruh tubuh.

10. Tertawa baik untuk kesehatan mental karena bisa melepaskan hormon endorfin yang akan membuat perasaan menjadi lebih baik dan memberikan rasa damai serta mengurangi kecemasan.
sumber :artikel-populer.blogspot.com
okokokok,., semoga bermanfaat
  
ekspresi tertawa


0 Responses to "EkspresiTertawa dan Manfaatnya"

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors