RSS

kata -kata unik dalam bahasa manado


sob, bahasa Manado buat orang - orang yang bukan berasal dari daerah bumi nyiur melambai memang terkenal cukup sulit dimengerti. selain grammar yang cukup complex, terdapat juga beberapa ungkapan maupun kata- kata yang terdengar cukup lucu dan tidak ditemukan dalam kamus di daerah lain. untuk itu di artikel kali ini penulis mencoba memperkenalkan bahasa manado tersebut dengan penjelasannya.

  • Tampa Fufu 
tampa fufu berarti tampa = tempat, dan Fufu = diasap. maka arti harafiahnya merupakan tempat pengasapan. jika dikaitkan dengan manado atau sulut yang banyak terdapat pohon kelapa, maka Tampa fufu dapat berarti suatu tempat/ gubuk kecil di kebun yang berfungsi sebagai tempat mengasapi kopra.
  • Dodutu Rica
kalau kata ini memang identik dengan orang manado yang suka 'pedas- pedas'. dodutu rica berarti sebuah kayu yang berfungsi menumbuk Cabe. yah memang cabe dalam bahasa Manado biasa disebut Rica, perhatikan saja makanan 'ayam rica -rica' asal manado. kata dodutu rica biasa juga digunakan kalau sedang bercanda/ bakusedu. misalnya : badiang jow nga jang dapa dusu deng dodutu Rica. wkwkwk :D
  • Mapalus
mapalus merupakan suatu kebisaan yang tumbuh dan berkembang di tanah Toar Lumimuut termasuk tanawangko. yach,. mapalus merupakan budaya Gotong Royong yang biasanya diadakan untuk membersihkan kebun oleh anggotanya secara bersama -sama.
  • Baku Engko
kata ini bermakna dua orang yang berada di satu pihak guna melawan orang/pihak lain, kata ini biasanya digunakan anak -anak Ranowangko jika sedang bermain.
  • Ba Mento
kata Mento berarti menginap atau tinggal di kebun dalam kurun waktu singkat( biasanya 1 sampai 4 hari) guna menjaga hasil perkebunan (ubi, cengkih, kelapa hingga durian) agar tidak dicuri oleh hewan maupun manusia lain.
  • Pang Fui -fui
kata Ulangan ini dapat berarti Santet, sedangkan Pang memiliki makna Tukang. jadi dapat dikatakan bahwa kata ini dapat bermakna Tukang santet dalam bahasa manado.
  • Latabu
'memang latabu ngana noh'. kalimat barusan menjelaskan tentang seseorang yang biasa bercerita dusta. akan tetapi di beberapa daerah di SULUT terdapat pula kata yang artinya hampir mirip, misalnya LEO (bitung, manado) atau Kolo(di desa RanowangkoTombariri), Konti(di daerah sanger dan bitung), Towo(Tataaran, tondano, daerah gunung)
  • Sasombe
sasombe merupakan kata kotor untuk menunjukan 'kelamin wanita' yang tersibak,., wkwkwk tapi biasanya ungkapa ini hanya diucapkan orang yang benar2 lamu.
  • Maniso
genit adalah kata yang cukup pantas untuk merepresantikan kata ini.

berikut kata2 lain yang kedengerannya cukup lucu:
  1. batobo = berenang
  2. bahugel = hubungan gelap / berzinah
  3. bagate/ba etag = minum minuman keras termasuk cap tikus
  4. baku kiu/ cui = berhubungan intim
  5. bakuseka = berkelahi  
  6. Toroa = sembrono
  7. Tonti = penis
  8. sarbeng = gila
  9. tepar = seseorang yang tergeletak
  10. malifuku = tali atau benang yang rusak tergulung tak beraturan
  11. falinggir = layangan
apa lay kang? itu jo dlu neh,., nanti qt tambah laeng kali



11 Responses to "kata -kata unik dalam bahasa manado"
alrisjualan said...

Baru tau aku sob kalau TEPAR berasal dari bahasa Manado.
http://alrisblog.wordpress.com


January 31, 2013 at 1:25 AM
tommy damima said...

yup,. tepar biasanya kalo orang manado yang telah terbaring terlentang. di sebut biasanya saat pemabuk yang tidak mampu minum dan tertidur dimana saja,. thanks sdah mampir sob


January 31, 2013 at 8:06 PM
lovrina sitinjak said...

gan temen ane ada yg ucap : lapoerte
artinya apa ya? gak tau ejaannya tapi di kuping kedenger nya loperte


February 4, 2013 at 11:10 PM
tommy damima said...

@lovrina Sijintak,. sorry sob,., kalo kata seperti itu bukan bahasa manado,., kata yang mirip2 seperti yg agan mksd cuman . leper = sendok,,. loper = looper yg ada di permainan catur. atau seker = kata makian orang langowan maupun org gunung Minahasa,.. okay? ada pertanyaan lagee silahkan? semoga ini dapat membantu sob,. :)


February 5, 2013 at 3:16 AM
Misye Inry said...

kreatif nie dia


February 9, 2013 at 4:37 PM
Anonymous said...

bajingan :D itu kwa baru orang manado
marijo bakuku torang :D


April 11, 2013 at 11:37 PM
tommy damima said...

@someone,. wkwkwk,. memang kantara orang manado noch,. mar inga jang sambarang bakuku jang orang kampung dusu deng tarandu,. :p,.


April 12, 2013 at 3:31 AM
Anhar Karamoy said...

mari jo bagate captikus,,,


May 4, 2013 at 7:42 PM
tommy damima said...

Anhar: marjow,. ada tola2 lay sini


May 5, 2013 at 5:50 PM
Hendrik Langelo said...

hahahaha,,,,, qt nda pernah tu kata2noh,, sebagian pernah dengar dan jarang dengar.. biasa orang pinggiran kota cuma tau 'itu-itu jo' hahaha,,,


July 14, 2013 at 7:56 PM
tommy damima said...

@hendrik,. thanks so basinggah,. itu tong pe bahasa hari2, mar sayang tu pranggang2 manado skarang so lebe suka bahasa Indonesia gaul (loe gue) daripada tong pe bahasa sandiri,. co nga datang di tanawangko ato dudu di leput deng tua2 kampung pasti nga mo dapa dengar tu kata2 unik diatas, deng masih ada banya lay tu lebeh aneh :)


July 15, 2013 at 4:20 AM

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors