RSS

pemimpin Jakarta asal Manado


yah orang manado bernama Henk Ngantung memimpin jakarta dan pernah menjabat sebagai gubernur pada 27 agustus 1964 - 21 July1965. mantan orang nomor satu di Ibukota negara ini memang berdarah asli kawanua, terbukti dengan lahir di Manado, 21 maret 1921. kawanua yang bernama lengkap Hendrik Hermanus Joel Ngantung ini sejatinya adalah seniman yang seperjuangan dengan Chairil Anwar yang terkenal itu.
Henk Ngantung [sindikasi]
    bagaimana sampai dia jadi gubernur Djakara?
dialah gubernur yang diangkat langsung ole Bung Karno. ceritanya gini gan.
waktu itu Presiden Republik Indonesia Bung Karno ingin membuat Ibukota yang dulunya bernama Djakarta itu menjadi kota seni. berhubung bapak Hendrik Ngantung merupakan mantan Pelukis pribadinya maka Bung Karno percaya padanya dan ingin juga mempercayakan Ibukota Negara Indonesia pada Orang Manado yang beragama kristen ini. 
karya - karya terbesarnya berupa:

  • Tugu Selamat datang di Jakarta. yah patung yang mungkin paling terkenal ini yang terdapat di bundaran hotel Indonesia ini merupakan karya salah seorang kawanua Manado. patung ini berupa pria dan wanita yang melambaikan tangan untuk mengucapkan selamat datang bagi para perantau yang mencoba peruntungan di Kota Metropolitan ini
  • Hotel Indonesia. sketsanya ini memang dibuat oleh om Henk Ngantung dan diberikan oleh salah satu mantan gubernur yang memimpin setelahnya.
  •  Lambang Jakarta, merupakan lambang yang digunakan oleh kota yang sekarang dipimpin oleh Djokowi Ahok. 
kita orang Sulawesi Utara harus bangga bahwa salah satu orang Manado pernah memimpin Ibukota  Negara terlepas keadaan keluarganya yang dilupakan oleh pemerintah setelahnya. 

btw jang lupa lia di orang mabo




0 Responses to "pemimpin Jakarta asal Manado"

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors