RSS

Herman Melville dan Novel Moby Dick


   Herman Melville, siapakah dia?. itulah pertanyaan yang mungkin keluar dari orang - orang awam yang mungkin baru mendengar namanya. tapi bagi orang yang gemar membaca Novel klasik pasti kenal dengan manusia yang satu ini. dialah seorang writer yang terkenal sekitaran 160an yang lalu dengan novel yang cukup legendaris Moby Dick.
   dikesempatan kali ini penulis ingin memperkenalkan tentang sosok Herman Melville dan bukunya Moby Dick, dimana baru saja ini om google juga memberikan suatu kesempatan terhormat dengan memuat gambar novel ini dan pengarangnya sebagai tema google doodle. 
   Herman Melville merupakan seorang novelis, dan sastrawan  legendaris yang lahir di Newyork USA pada tahun 1819. kata yang cocok untuk menggambarkan kehidupannya adalah 'jangan jadi seniman nanti hidupmu tidak sejahtera'. walaupun namanya termasyur di dunia kesusasteraan,akan tetapi itu terjadi setelah dia meninggal dunia. dimasa hidupnya dia tidak pernah merasakan imbalan yang setimpal atas hasil karyanya. didalam karyanya hampir kesemuanya berkaitan dengan petualangan di lautan. itu disebabkan karena sebelum menjadi penulis, dia pernah menjadi seorang pelaut yang biasa merantau sendirian ditengah samudera dan diterpa badai dan gelombang besar. diantara sekian banyak hasil karyanya, ada satu yang paling bagus yaitu; Moby Dick

Novel Moby Dick yang awalnya berjudul 'the Whale' sangat sulit untuk menembus pasar novel yang begitu ketat dimasanya. hingga karya ini seakan 'terlupakan' dan Herman Melville seakan 'tak pernah ada' dalam kesusastraan klasik. hingga 30 tahun kemudian peruntungan Buku yang satu ini berubah drastis. dimana sekitaran tahun 1920an, di acara pertemuan para penerbit AS, mereka menemukan"karya klasik dari Melville". hingga mereka menerbitkan kembali novel Moby Dick dan sukses dalam penjualannya sehingga meraih penghargaan 'the Great American Novel'. 
  novel yang pertamakali diterbitkan di Inggris ini bercerita tentang seorang pelaut Ishmael dari New Bedfrod yang ingin melakukan petualangan untuk membunuh paus putih 'Moby Dick'. perjalanan yang dipimpin oleh Captain Ahab ini berlangsung seru, dimana Captain Ahab rela melakukan apasaja untuk menemukan dan membunuh Moby Dick tersebut. pengorbanan yang dilakukannya diantaranya dia kehilangan salah satu kakinya. akhir dari novel ini begitu tragis dimana semua Kapal hancur oleh Moby Dick yang mengamuk dan Captain Ahab mati di sisi ikan tersebut.

kiranya penjelasan diatas dapat membantu mengenalkan Herman Melvile dan Novel Moby Dick

pesan : 
janganlah terobsesi tentang 'sesuatu' yang membahayakan  hingga lupa menggunakan akal sehat dan mati sia -sia.


1 Responses to "Herman Melville dan Novel Moby Dick"
batu said...

hargailah orang berdasarkan hasil karyanya


October 18, 2012 at 10:50 PM

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors