RSS

Thanksgiving Amerika VS Thanksgiving Minahasa


Thanksgiving Amerika VS Thanksgiving Minahasa. Thanksgiving merupakan perayaan yang akrab dengan Amerika,. tapi taunggak kalo di Minahasa tempat penulis tinggal juga terdapat perayaan thanksgiving,. tapi bedanya disana disebut thanksgiving namun disini disebut Pengucapan.
so dikesempatan kali ini penulis akan coba menyajikan perbandingan thanksgiving dari negeri Paman Sam dan Thanksgiving dari negeri Toar Lumimuut,. cekidot:
Asal Usul.
@@@ Thanksgiving Amerika: thanksgiving di Amerika sebenarnya diperingati pertamakalinya di Perkebunan Barkley Virginia pada taon 1621. hari thanks giving pertamakalinya ini diselenggarakan oleh kaum Pilgrim yang merupakan para pendatang dari Inggris yang tiba di Amerika yang kemudian dibantu oleh orang2 lokal (Suku Indian Wampanoag) untuk bertahan lewat bercocok tanam,. dan dalam perayaan ini mereka mengundang semua anggota keluarga hingga para suku2 Indian. Dan taon 1817 New York mengadopsi budaya Thanksgiving ini sebagai perayaan tahunan, yang juga didikuti oleh berbagai negara bagian Amerika lainnya. dan pada 1873, Presiden Abraham Lincoln menjadikan Thanksgiving day ini sebagai hari nasional, yang sejak saat itu perayaan ini selalu diperingati sampai sekarang dan ditetapkan sebagai hari libur Nasional Amerika.
@@@ Thanksgiving Minahasa berasal dari nenek moyang orang Minahasa yang berterimakasih kepada Opo Wailan atas panen cengkih yang melimpah ditanah Toar Lumimuut ini lewat pesta pora dan pembacaan mantra,. dan setelah kekristenan meliputi daerah Minahasa maka, tradisi ini sedikit bergeser dengan pembacaan mantra diganti dengan mengucap syukur kepada Tuhan Yesus Kristus atas berkat selama setahun hingga panen cengkih yang melimpah. akan tetapi kegiatan pesta pora 'berlebihan' saat pengucapan tetap dilaksanakan hingga kini. hingga kadang disini biasa dikatakan "biar ba utang yang penting ba pengucapan sob'.  
 Photo: "Hujan bukan Halangan"
 ∧_∧ 
(。・ω・。)つ━☆・*。
⊂   ノ    ・゜+.
 しーJ   °。+ *´¨)
         .· ´¸.·*´¨) ¸.·
Happy Sunday & Happy Thanks Giving to all my Family&Friends..Gbu all
Makanan Khas Thanksgiving
Thanksgiving di Amerika sana memiliki ciri khas tersendiri diatas meja. Dimana menu utamanya 'musti' Kalkun. dan sisanya seperti  roti-remah isi,  ubi jalar, saus cranberry, labu, kentang tumbuk, dan pai labu.
  Thanksgiving Minahasa memiliki makanan keharusan,. mau tau??
merekalah Nasi Jaha = nasi yang dimasak didalam bamboo dengan ginger
Dodol, Bobengka, Pork, dan Brenebon,. 
Waktu Perayaan
waktu perayaan thanksgiving Amerika dan Minahasa dasarnya sama yakni setelah panen,. cuman bedanya di Amerika itu waktunya hari Kamis ke 4 Bulan November sedangkan Minahasa waktunya sekitaran Juli tepat hari Minggu sob,.

Okay!!! demikian postingan kali ini tentang Thanksgiving Amerika melawan Thanksgiving Minahasa,. semoga bermanfaat n menambah pengetahuan :)



0 Responses to "Thanksgiving Amerika VS Thanksgiving Minahasa"

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors