RSS

kegunaan pohon enau di minahasa


sob, kalau orang manado asli atau minahasa pasti mengenal pohon enau(pohong seho kalo tong ja bilang). 
yah,., pohon penghasil captikus ini memang sangat lekat dengan masyarakat minahasa. bahkan dibeberapa tempatpun pohon enau sangat dihargai dan jika anda memotong daunnya maka akan menjadi perang peda, karena pohon ini juga di sertakan dalam proses antar harta dalam perkawinan.
dan tahukah anda bahwa pohon ini memiliki multi fungsi diantaranya:

1). GOMUTU(sabut di pohon enau).
membaluti seluruh batang pohong seho. Gomutu dapat di olah menjadi: (1).Sapu lantai. 
(2) Tali Gomutu. 
(3). Lidi Gomutu untuk mengusir roh halus/setan.

B). MAFAFA. (yang masih muda dan belum terurai).
(1). Diolah untuk" Parundak" biasanya dipergunakan pada acara khusus antara lain pesta kawin,dipasang melengkung di depan pintu masuk halaman rumah atau di depan pintu masuk halaman gereja atau Pintu batas memasuki desa.
(2). Daun mafafa yang tua dibikin sapu lidi, diikat sebesar ruas tangan.
(3). Lidi-lidi seho dapat di potong-potong seukuran 10 cm untuk anak pemula sekolah guna membantu kemudahan pelajaran tambah-tambahan atau kurang-kurangan.

C). MAYANG SEHO. 
Diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan:
(1). Saguer. 
(2). Gula Batu. 
(3). Cuka. 
(4). Cap tikus.

D). Mayang Batu. (Yang Tua).
Mayang Batu adalah mayang seho dan bukan untuk mayang saguer. Mayang batu dapat diolah menjadi buah kolang-kaling yang rasanya kenyal-kenyil kalau di makan dan biasanya buah kolang-kaling bisa didapati di Jakarta atau Pulau Jawa umumnya, atau di Thailand.

E). Isi Batang seho menghasilkan ---> Sagu Aren.

Yang sangat menarik adalah mayang seho karena orang Minahasa penggemar minum "SAGUER". Rasa Saguer dapat diatur oleh petifarnya sehingga menghasilkan rasa manis, manis-manis asang dan rasa asang gurih.

Saguer manis, bagi seorang ibu yang baru melahirkan dapat meminumnya karena menambah "ASI".

Masing-masing pohon seho mempunyai ---> Beda Rasa. Ada yang rasa durian, rasa solobar. Kecairan saguer juga ada perbedaan yaitu kental, kental-kental cair dan cair.

Beking saguer tidaklah gampang-gampangan. Sejenak melihat orang mengolah saguer kelihatannya gampang. Padahal janganlah pandang enteng, sebab bisa-bisa bukang aer saguer yang takumpul di alat penadah tapi bisa-bisa cuma "Ofu"(Lebah) sasaja yang ada didalam alat penadah (gatah). "Gatah" adalah alat penadah saguer yang terbuat dari buluh/bambu. Untuk menanggulangi agar "ofu" nyandak maso di gatah maka permukaan gatah harus dibalut dengan gomutu serapih mungkin agar ofu nyandak bisa tamaso ke gatah (musti extra ketat dan ketelitian membalut permukaan gatah dan pelepah batang mayang).

Tapi pada akhir-akhir ini petifar saguer tidak lagi menggunakan "gatah" dari buluh melainkan dari galon plastik. Saguer yang ditadah dengan galon plastik maka saguer akan berbeda rasa (Rasa kurang enak) Saguer yang enak adalah saguer yang di tadah dengan buluh atau bambu.

Cara membuat rasa saguer yang "keras" hendaknya memasukkan buah batu kedalam gatah penampung saguer.

Bikin saguer manis hendaknya gatah selalu dibersihkan dari bekas gatah saguer tampungan sebelumnya.

Apalagi kalu mo beking gula batu, maka betul-betul dicuci bersih-bersih itu gatah agar hasil saguer sangat-sangat manis.

Nah.. jadi berbicara bagaimana beking saguer maka perlu extra kesabaran, teliti, cermat, jeli atau sangat hati-hati memperhatikan kebutuhan "rasa" yang di kehendaki penggemar/peminum saguer.

Saguer murni bisa langsung diolah/di suling hingga jadi cap tikus. Atau saguer-saguer yang nggak habis dijual dapat di simpan atau dikumpul dalam tampayang.
Saguer yang lama tersimpan akan berubah menjadi Cuka murni. Dan lebih lama tersimpan maka selain menmjadi Cuka maka dapat disuling/bakar dan berakhir menguap dan uap tetesan yang ditampung itulah yang disebut atau jadi "Cap tikus".

SAGUER GULA BATU. (RASA MANIS SEKALI).

Saguer Manis di masak di belangang goreng(kuali) besar dan di di jaga atau diatur nyala apinya hingga saguer manis terus berproses dan berproses hingga jadilah "gula batu". Saat-saat saguer berproses mendekati atau menjurus berubah menjadi gula maka pengelola semakin extra hati-hati menjaga kestabilan panas api. Sebab bila lalai mengatur kestabilan api maka akan "menguap keluar" tu gula yang hampir menjadi gula. Kalau proses mendekati jadi gula dan akan menguap keluar belanga, maka dapat di lumpuhkan dengan menabur buah balacae yang sudah di haluskan. Buak balacae ini harus selalu tersedia di saat membikin gula batu.

Selain selain kegunaan diatas, produk dari Pohon Enau juga dapat digunakan sebagai obat, antara lain:

1. Demam
    caranya sediakan 1 gelas air hangat lalu 1 potong gula aren kemudian dicampur dan diaduk sampai merata lalu diminum seperti biasa.

2. Sakit Perut
    sediakan segelas air hangat, sepotong gula merah, asam yang telah
    masak secukupnya.
    Cara membuat: semua bahan tersebut dicampur dan diaduk sampai
    merata, kemudian disaring untuk diambil airnya.
    Cara menggunakan: diminum biasa.

3. Sulit Buang air besar
    Bahan: 1 gelas air hangat, 1 potong gula aren.
    Cara membuat: dicampur dan diaduk sampai merata.
    Cara menggunakan: diminum biasa.

okokok,.,.,


0 Responses to "kegunaan pohon enau di minahasa"

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors