RSS

Usaha Rumput laut di Kumu


waktu browsing di Net ternyata penulis mendapati berita yang cukup menarik. berita ini berkaitan dengan salah satu desa di kecamatan Tombariri, yach desa Kumu namanya,., 
berikut beritanya (ANTARA News) - Desa Kumu, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, menjadi andalan pemerintah kabupaten dalam budidaya rumput laut.,"  kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Minahasa, Dolfie Kasenda.


Di Desa Kumu, kata dia, luas budidaya rumput laut diperkirakan mencapai 2 ribu hektare dengan potensi sekali panen yang bisa mencapai 200-500 ton.

"Kami berharap akan semakin banyak kelompok budidaya yang terbentuk sehingga bisa meningkatkan hasil panen untuk meningkatkan kesejahteraan warga petani," ungkapnya.

Dari sisi harga, kata dia, sangat menjanjikan karena dari setiap kilogram rumput laut yang masih basah dijual seharga Rp6000 sedangkan dalam keadaan kering Rp18.000.

"Kebanyakan di perairan Desa Kumuh rata-rata petani membudidayakan rumput laut jenis spinocyn karena tahan hama dan tidak dimakan predator. Kecil kemungkinan juga terjadi pemutihan akibat hama," katanya.

Dia menambahkan, warga pesisir sekarang ini lebih memilih budidaya rumput laut daripada budidaya ikan kerapu karena jarak panen lebih cepat yang hanya membutuhkan waktu 45 hari dibanding budidaya ikan. 


      


1 Responses to "Usaha Rumput laut di Kumu"
kristian repi said...

Mantap bro... .. Jangan lupa back link ne omkacili.blogspot.com and kalo bole gabung kwa dengan torang pe comunitas www.kawanuablogger.com


July 15, 2012 at 3:24 AM

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors