RSS

burung manguni minahasa



Burung Manguni, burung ot, Burung Tootosik ada juga sebutan di lainnya tergantung daerah Minahasa mana. Namun tetap menjadi umum disebut Burung Manguni (mauni : mengamati) yang memang di tugaskan oleh Opo Empung Wangko untuk selalu memberi petunjuk kepada bangsa Minahasa dan di anggap suci. Karena dari burung Manguni ini ada terdapat banyak kekuatan yang di anggap gaib, mungkin sudah banyak dilupakan atau sudah tidak diketahui oleh orang Minahasa pada umumnya karena hal ini memang di rahasiakan dan hanya diwariskan lewat lisan saja. Saya akan beritahu sedikit rahasia dari Burung Manguni, anda bingung ada apa dengan burung Manguni sampai menjadi amat sakral?, bahkan di Dunia ini setiap Gereja memakai lambang salib tapi mengapa Minahasa memakai lambang Manguni? mungkinkah Manguni lebih suci daripada Salib.

Disaat leluhur bangsa Minahasa sedang hanyut karena peristiwa air bah dan pada akhirnya reda, mereka disuruh pergi ketanah yang dijanjikan oleh Opo Empung Wangko, mereka tidak tau jalan lalu mereka di bimbing oleh Burung Manguni lebih lengkap silahkan baca posting saya sebelumnya Watu Pinawetengan dan pada akhirnya mereka mengerti perilaku dari Manguni makasiyow(makasiou). Setiap manguni melakukan ‘hoot’nya nyaring mengalun dan dilakukan berturut 3 kali 9 (‘telu makasiou’) maka pertanda kemenangan terbaik dan tanda ini dipakai ketika menemukan tempat awal untuk di tinggali serta sering juga pertanda baik untuk menyerang dalam perang dan dipastikan akan menang, bisa juga mengabulkan keinginan kita. 3 memiliki arti 3 kekuatan Tuhan, Alam, Manusia. 3 itu sendiri mengandung arti 9 kekuatan 3 x 3 = 9 . Angka suci suku Minahasa 999 angka sempurna kebalikan dari angka manusia 6. Ini rahasia pertama mungkin sudah banyak yang pernah dengar.
Selain itu setiap keturunan dari nenek moyang Minahasa Toar Lulimuut ketika lahir di tandai dari bunyi burung Manguni. Sebenarnya masih ada beberapa bahasa burung Manguni yang mempunyai arti jika bersuara tertentu berarti orang yang kita tujuh akan tertidur, dan juga membuat kita hilang untuk sementara, menjadi amat berwibawa dimana segala keinginan kita terhadap seseorang pasti dikabulkan, membakar rumah, membunuh orang yang kita benci, membuat lawan ataupun sesama jenis menjadi tergila-gila, dll. Untuk yang ini tidak akan saya ajarkan karena nanti bisa anda pakai salah. Ini lah yang menjadi alasan ketika Johann Gottlieb Schwarz penginjil pertama di Tanah Minahasa menghilangkan kebiasaan orang Minahasa untuk menggunakan Manguni ini, dimana saat ia menginjil ia juga menghancurkan beberapa  pohon tempat Manguni keluar.
Fakta kekuatan dari si burung Opo
Jika begitu kenapa burung ini dijadikan lambang gereja? memang ada nilai Kristen?. Nah disini letak rahasia lagi. Sebelumnya saya bercerita tentang fakta dari burung ini dulu.
  • Menurut para ahli ada sekitar 222 spesies burung hantu (Manguni) yang tersebar ke seluruh dunia. Sebanyak 26 spesies ditemukan di Asia Tenggara dan 13 diantaranya terdapat di Indonesia.
  • Manguni adalah satu-satunya burung yang letak matanya seperti manusia, yaitu mengarah ke depan. Bukan ke samping layaknya burung merpati atau gereja.
  • Bulu-bulu burung Manguni sangat halus dan ekornya pendek tapi burung Manguni
    memiliki kuku-kuku yang sangat tajam, paruh yang mirip paruh burung elang, serta sayap yang lebarnya melebihi tiga kali lebar tubuhnya.
  • Sebagai gantinya, burung Manguni dapat memutar lehernya hingga 180 derjat. Jadi, burung Manguni harus
    memutar kepalanya jika ingin mengikuti gerakan mangsa yang diincarnya.
  • Burung Manguni diberi keistimewaan untuk dapat melihat 100 kali lebih peka daripada manusia.
    Mata dan selaput beningnya sangat besar. Matanya lebih bundar dibanding burung-burung lain.
    Berkat keistimewaan itulah ia dapat melihat dan menangkap mangsanya dengan baik di malam hari.
  • Saat bekerja di malam hari, burung Manguni tidak akan mengeluarkan suara yang berisik. Karena burung Manguni diberi kemampuan untuk dapat terbang tanpa mengeluarkan suara. Hal ini disebabkan sayap burung Manguni yang halus seperti kapas.
  • Burung Manguni berburu aneka binatang seperti serangga, kodok, tikus, dan lain-lain.
  • Sarang terutama dibuat di lubang-lubang pohon, atau di antara pelepah daun bangsa palem.
    Beberapa jenis juga kerap memanfaatkan ruang-ruang pada bangunan, seperti di bawah atap
    atau lubang-lubang yang kosong. Bergantung pada jenisnya, bertelur antara satu hingga empat butir, kebanyakan berwarna putih atau putih berbercak.
  • Burung Manguni betina biasanya 25 persen lebih besar dari si jantan.
Burung Manguni di Minahasa adalah Ras Burung Owl (burung hantu) khusus yang dari spesies Tyto inexspectata Minahassa Barn Owl, Minahassa Masked Owl.
Untuk wilayah Sangihe spesies Otus collari Sangihe Scops Owl dan untuk Sulawesi species Tyto rosenbergii Celebes Barn Owl, Sulawesi Masked Owl.
Burung Manguni dan Opo
Leluhur Minahasa yang ahli tentang burung Manguni ini adalah Apo Mamarimbing, dialah yang mempelajari detailnya serta mengajarkan secara khusus kepada rakyat Minahasa.
Banyak yang bilang hari gini percaya Burung Manguni dan Opo ?. Sebenarnya ini sengaja di lestarikan dan memang dipercaya oleh orang yang telah membuktikannya seperti kita lihat sekarang semua lambang Minahasa adalah Burung Manguni, bahkan pemimpin Minahasa gubernur memiliki gedung berbentuk Manguni yang dapat anda lihat lewat udara.
Burung Manguni dimata dunia
Lalu apa cuma suku Minahasa saja yang meanggap burung Manguni itu sakral?. Ternyata tidak!.
Burung Manguni yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Owl. Di Amerika Utara dan Amerika Selatan, burung hantu hidup di liang bawah tanah. Mereka menggali sendiri atau menggunakan liang bekas binatang lain seperti tikus tanah.
Panjang burung hantu asal Amerika Utara sekitar 13 cm. Burung hantu juga ada yang berasal dari Kutub Utara,
mereka memangsa lemming, dan bersarang di tanah, bukan pohon

Burung hantu Lammergeier menjatuhkan tulang-tulang ke bebatuan untuk
dipecahkan dan memperoleh sumsum tulang di dalamnya.

Burung hantu Peregrine Falcon adalah burung hantu tercepat di dunia
ia dapat menukik dengan kecepatan mencapai 350 km/jam. Wah, luar biasa bukan?

Burung hantu pemakan bangkai tercatat bisa terbang di ketinggian
lebih dari 11.000 m, sama dengan tingginya pesawat jet.

-Orang Yunani bilang burung Manguni melambangkan kebijaksanaan dan sifat penolong, pelindung pasukan perang. Setiap orang pernah mendengar (melalui buku cerita, walt Disney movies) perkataan ”Wise as an Owl…” (bijaksana seperti burung hantu). Tapi tahukah anda dari mana asal frase ini? Frase ini muncul dari ”goddess of wisdom” yang juga digambarkan sebagai seekor burung hantu. Cobalah menggunakan search engine dan cari term “owl” dan “symbol” maka akan muncul berbagai macam referensi untuk owl sebagai symbol dari Athena. Pada kenyataannya, nama scientific untuk burung hantu adalah ”Athene Noctua”. mungkin juga anda pernah melihat film-film yang menampilkan dewi Athena dengan burung hantu sebagai pet nya. Koin orang Athena, memiliki Athena dan burung hantu pada sisi-sisinya. Sehingga koin ini disebut juga owl coin.
- Di Indian, burung Manguni sebagai penolong dan melambangkan kebijaksanaan dan jika mimpi berarti mau dirampok atau dibunuh.
- Di Roma, burung Manguni melambangkan kematian, kalau dia datang ke sebuah rumah, kematian
Julius Caesar, Augustus, Commodus Aurelius, dan Agrippa semua diprediksi oleh datangnya burung Manguni. Dan juga dibilang jelmaan tukang sihir yg kerjanya minum darah bayi-bayi. Kalau ada orang sakit lihat burung hantu lewat di jendela nantinya dia bakal meninggal.

- Nothern England, kalo lihat burung Manguni bisa bawa keberuntungan. Ada juga kepercayaan kalo ada burung hantu bunyi, itu lagi manggil roh, kalau misal ada manusia yang meniru bunyinya, dianggap jawaban dari siulan burung hantu, dan kalau burung itu tiak respon lagi sama siulan ini orang, orang tersebut akan terpanggil jiwanya.
Yang bunuh burung Manguni bakal mati. Bulu burung Manguni ditaruh di samping bantal bayi supaya cepat tidur.

-Amerika memakai Burung Manguni sebagi pembangunan silahkan lihat foto ibukota US. Bagian timur dari bagian Capitol City

berasal dari sumber terpercaya :)



1 Responses to "burung manguni minahasa"
Mika Khaelov said...

Kapan diposting (tgl-bln-thn) ?
bagusnya kalo sumber terpercayanya dicantumkan.
sejarah kepercayaan minahasa terhadap burung manguni diperjelas lagi.
atau mungkin ada buku/naskahnya, tolong di share !!


March 5, 2015 at 8:18 AM

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors