RSS

Lomba Populer 17 agustus saat Kemerdekaan Indonesia


Lomba Top 17 agustus saat Kemerdekaan Indonesia. 17san telah tiba,. banyak orang telah mengecet pagar dengan warna merah putih hingga memasang bendera Merah Putih Indonesia juga Umbul - Umbul (berdasarkan penglihatan di kampungku Ranowangko Tombariri). tapi dipostingan kali ini penulis ingin membahas tentang lomba2 yang sering dilaksanakan saat 17san agustus,. so cikidot:
  • Lomba panjat pinang.
Siapa yang tidak tau dengan lomba Panjat Pinang. Lomba yang satu ini sangat menarik perhatian masyarakat,. mengapa? karena selain hadiahnya 'lebih' besar daripada lomba lainnya saat 17san agustus, lomba panjat pinang juga Biasany digelar sebagai puncak acara dari aneka perlombaan. Lomba ini sering membuat tawa geli penonton. Pemanjat yang sudah mencapai ketinggian tertentu harus kembali merosot ke bawah. Mereka berusaha berkali-kali menggapai hadiah di ujung tiang batang pinang berlumur oli dan minyak.
Untuk mencapai puncak, mereka harus bekerja sama saling bahu-membahu. Filosofi permainan ini adalah kebersamaan komponen bangsa untuk meraih kemerdekaan.
  • Lomba Motor/Sepeda Lambat
Permainan Motor ataupun Sepeda lambat ini merupakan salah satu permainan yang unik, karena lain daripada perlombaan  biasanya.  diman biasanya diperlombaan didunia motor/sepeda tercepat yang menang,. tapi saat 17 agustus hari kemerdekaan Indonesia peserta yang menang adalah dia yang menyentuh garis finish terakhir,. (namanya juga motor/sepeda lambat) Jadi butuh konsentrasi dan kelincahan dalam mengemudikan sepeda tersebut selambat mungkin tanpa terjatuh. dulu memang digunakan sepeda, tapi saat jaman semakin maju maka sepeda telah berganti dengan motor lambat,. hehe,. 
  •   Lomba balap karung
Pemain masuk ke dalam karung, kemudian dengan lari dengan cara meloncat. Tidak jarang pemain terjatuh berguling-guling. Karung ini mengingatkan pada saat dijajah oleh Jepang. Sebagian besar rakyat mengalami penderitaan sangat berat, karena bahan pakaian sengaja tidak didistribusikan sehingga yang tertinggal hanyalah karung goni bekas.
Kain yang berserat kasar tersebut menimbulkan gatal-gatal di kulit karena sebagai sarang kutu. Filosofi menginjak-injak karung, kita meninggalkan pakaian yang sangat tidak pantas pakai tersebut. Ada makna lain dari balap karung yaitu betapa sulitnya berlari ketika kedua kaki terkungkung di dalam karung. Seperti kungkungan penjajah terhadap kebebasan rakyat untuk kemajuan bangsa Indonesia.
  • Balap Kelereng
Balap Kelereng sangat populer juga saat hari kemerdekaan Lomba ini memerlukan kehati-hatian dan keseimbangan tubuh. Kelereng yang anda bawa di sendok makan yang terjepit di mulut anda bisa kapan saja jatuh. Mata harus tetap mengawasi gerak si kelereng di sendok anda hingga di garis finish. Yang berhasil membawa kelereng sampai di garis finish tanpa jatuh dialah pemenangnya.
  • Lomba makan kerupuk
Kerupuk terikat pada seutas tali, dan digantung yang tingginya di atas mulut peserta lomba. Aturan main, kedua tangan tidak boleh memegang tali/kerupuk, untuk itu kedua tangan disembunyikan di belakang pinggang. Hebohnya, tali gantungan kerap berayun akibat tarikan dari peserta lain.
Permainan ini mengajarkan kepada kita, di jaman penjajahan dulu rakyat mengalami kesulitan sandang, pangan dan papan. Untuk makan yang paling sederhana sekali pun mengalami kesulitan, akibat hasil panen penduduk diambil paksa oleh penguasa. Akibatnya, banyak rakyat yang kurang gizi bahkan mati kelaparan.
  •  Lomba tarik tambang
Tarik Tambang,. lomba unjuk kekuatan dan kekompakan tim,. biasanya untuk memenangkannya satu tim harus menempatkan orang terkuat di paling belakang sebagai penyangga,. dan bercerita tentang makna? maka makna dari permainan Tarik Tambang ini adalah bahwa persatuan sebagai modal utama untuk mengalahkan penjajah/lawan. Permainan ini juga mengajarkan bagaimana membentuk tim yang kompak dalam menyusun strategi yang tepat untuk dapat menarik tambang dengan mantap..

selain lomba2 diatas,. orang tanawangko juga sering mengadakan lomba bola kaki plastik, volley ball hingga lomba PBB,. biarpun dengan hadiah yang terbatas seperti pensil, polpen atau ATM,. yang penting makna kemerdekaan dapat dirasakan anak2 hingga orang dewasa sekarang ini,. dan kita tetap mengingat dan mengenang Kemerdekaan kita lewat game2 tadi,. 
akhir kata MERDEKA,. MERDEKA<. MERDEKA BANGSA INDONESIA,. jayalah selalu :)


0 Responses to "Lomba Populer 17 agustus saat Kemerdekaan Indonesia"

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors