RSS

Tradisi Unik saat Bulan Ramadhan 2013 di Indonesia


Tradisi Unik saat Bulan Ramadhan di Indonesia. Ramadhan beberapa lagi akan dimulai,. para penduduk muslim diseluruh dunia termasuk di daerah2 Indonesia akan berpuasa makanan dan nafsu,. dan taukah anda kalau saat Bulan Ramadhan dimulai, ada beberapa daerah di Indonesia yang memiliki tradisi tersendiri yang sangat unik dan menarik,. so dipostingan kali ini akan disajikan bahasan Tradisi Unik saat Bulan Ramadhan di Indonesia,. cekidot

  • Tradisi Padusan  
Padusan berasal dari bahasa jawa  Adus= mandi. dimana ritual Padusan dilaksanakan dengan tujuan agar umat islam akan membersihkan diri di mata air sebelum menyambut bulan Suci Ramadhan,. Ritual ini dilaksanakan di Solo, Klaten, Sukoharjo, dan   Yogyakarta. taon 2013 ini Padusan di Klaten dilaksanakan di mata aer Cokro Tulung dan Bupati Klaten memandikan nyong dan noni klaten 2012 Wahyu dan Riska.


  • Tradisi Munggahan 
Tradisi Munggahan merupakan tradisi khas warga Tasikmalaya Jabar, Cianjur, terutama orang Sunda,. Tradisi Munggahan ini sebenarnya berasal dari kata Unggah= naik. Maksud dari kata naik di sini adalah naik menuju bulan yang lebih tinggi, yaitu bulan Ramadhan. ,. tradisi ini memiliki arti berkumpul bersama2 ama keluarga sambil makan2 bareng,. oleh karena itu di Jabar tanggal 8 July 2013 menurut pemberitaan di net dikatakan kalau omset pedagang bakso berlipat - ganda dan jalanan disana macet amat karena hampir sebagian besar orang sunda keluar makan bareng,. 
[VIDEO] Sambut Ramadan, Warga Tasikmalaya Gelar Tradisi Munggahan
  • Tradisi Dandangan
Tradisi Dandangan merupakan tradisi Warga kota Kudus yang berkupmul bersama,. dan nama ”dandangan” diambil dari suara beduk Masjid Menara Kudus yang berbunyi dang,.dang,.dang saat ditabuh untuk menandai awal bulan puasa. Dandangan pertama kali digelar pada tahun 1459 Hijriah, atau sekitar tahun 454-an tepatnya pada masa Sunan Kudus.
  • Balimau Kasai
Balimau merupakan tradisi menjelang Ramadhan yang dilaksanakan orang Riau,. Menjelang Ramadhan, setiap orang mandi  secara beramai-ramai. dan kata Balimau berasal dari kata limau = lemon,. dimana masyarakat disana doloe menggunakan limau saat mandi,. dengan kata lain artinya mandi berlimau untuk mensucikan diri Kegiatan ini bermakna untuk menyucikan diri menyambut bulan Ramadhan.
  • Tradisi Nyorong
Tradisi Nyorong biasanya dilaksanakan oleh suku Betawi di Jakarta. Nyorog merupakan tradisi yang dimana kita memberikan bingkisan/gift kepada keluarga orang tua (ibu, ayah, ade kakak hingga kakek nenek dan saudara sedarah). tujuan Nyorong adalah guna mempererat silaturahmi antara anggota keluarga dan kerabat.
isi Bingkisan ini biasanya berisi lauk-pauk mentah. Ada daging kerbau, ikan bandeng, kecap, daun bawang, gula, susu, kopi dan sirup.
  • Tradisi Meugang
Tradisi Meugang merupakan tradisi menyembelih hewan ternak selama 2 hari sebelum puasa (9 july 2013) untuk taon ini,. tradisi ini biasanya dilakukan oleh orang2 aceh  "Tak lengkap puasa sepertinya, tanpa kita jalani meugang," ujar salah seorang aceh. Selain makan bersama, kegiatan ini juga dimanfaatkan sebagai sarana silaturahmi. terutama dihadiri oleh anggota keluarga yang mudik dari rantau. Tradisi ini identik dengan sajian daging Sapi sob,.
 

Demikian Postingan kali ini, semoga bermanfaat,. diakhir kata, walaupun penulis beragama kristen, tidak salah tuk mengucapakan selamat berpuasa bagi orang Muslim di Dunia, Daerah di Indonesia termasuk Manado,. 


0 Responses to "Tradisi Unik saat Bulan Ramadhan 2013 di Indonesia"

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors