RSS

Sejarah dan Fakta Unik olahraga Renang Dunia


Sejarah olahraga Renang di Dunia. Renang merupakan olah raga air yang cukup terkenal sekarang ini,. sebagai orang pinggiran pantai yang tau berenang, penulis pun jadi penasaran mencari2 tentang sejarah olahraga yang satu ini,. ekh dapat,. so cekidot:
 Renang telah dikenal sejah zaman pra-sejarah. Dari gambar-gambar yang berasal dari zaman batu diketahui adanya gua-gua bagi para perenang di dekat Wadi Sora sebelah barat daya Mesir. Di Jepang, renang adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh para samurai. Sejarah mencatat, pertandingan renang pertama diselenggarakan oleh Kaisar Suigui pada 36 sebelum Masehi.
 
gambar: kesatria samurai yang berenang,. ternyata selain jago pedang mereka juga diharuskan jago berenang dengan pakaian lengkap,. susahnya sob,.
 Pertandingan renang yang memperebutkan gelar juara telah dimulai di Eropa sekitar tahun 1800 dan sebagian besar menggunakan gaya dada.
 Renang gaya bebas pertama kali dikenalkan oleh Arthur Trudgen. Gaya ini kemudian mulai dikombinasikan dengan gaya kaki yang menendang oleh Richard Cavill pada 1902. Di abad pertengahan, renang termasuk dalam tujuh kemahiran yang harus dimiliki oleh para ksatria termasuk berenang dengan membawa senjata.
   Olahraga renang pertama kali dipertandingkan dalam Olimpiade modern 1896 di Athena, Yunani. Pada Olimpiade ini, hanya empat nomor yang dipertandingkan dari rencana semula enam nomor. Masing-masing adalah nomor 100 meter, 500 meter, 1.200 meter, nomor bebas, dan 100 meter bagi para pelaut. Olimpiade kedua diselenggarakan di Paris, Prancis pada 1900 dan mempertandingkan nomor 200 m, 1.000 m, 4.000 m, nomor bebas, 200 m gaya dada, dan 200 m nomor beregu.
   Persatuan Renang Internasional (Federation Internationale De Natation De Amateur/FINA) dibentuk tahun 1908 semula menetapkan, gaya kupu-kupu adalah variasi gaya dada. Gaya ini baru menjadi gaya terpisah di tahun 1952. Wanita baru diperkenankan ikut pertandingan renang pada Olimpiade 1912 di Stockholm, Belanda.
   Gaya bebas, yang kemudian disebut the trudgen, diperkenalkan pada tahun 1973 oleh John Arthur Trudgen, menirunya dari Orang Amerika asli. Renang menjadi bagian dari pertandingan Olympiade modern yang pertama tahun 1896 di Atena. Pada tahun 1902 the trudgen diperbaharui oleh Richard Cavill, menggunakan sentakan mengibas. Pada tahun 1908, asosiasi renang sedunia, Federasi Renang Amatir International (FINA/ Federation Internationale de Natation de Amateur) dibentuk. dan Gaya kupu-kupu pertama kali merupakan variasi dari gaya dada, sampai akhirnya ia diterima sebagai gaya yang terpisah pada tahun 1952.
  

selain sejarah tentang olahraga Renang,. juga terdapat Fakta yang unik tentang berenang yang didapat penulis,. cekidot:
  • Lebih dari 50% perenang kelas dunia menderita nyeri bahu. 
ini dikarenakan para atlet melakukan latihan renang setiap hari dengan porsi waktu yang lama dan latihan yang keras,. dan dimana renang membutuhkan lengan dan pundak yang kuat, so bagian itu di 'push' terus hingga terbentuk,. yang akibatnya banyak otot yang tidak mampu lagi menahan beban latihan hingga terasa nyeri
  • Rambut Perenang Profesional sebaiknya pendek
yup jika kita liat rambut perenang Pro banyak yang sangat pendek hingga botak,. ini dikarenakan fakta dan data bahwa semakin pendek rambut yang anda miliki, maka semakin cepat anda berenang karena gesekan dengan air semakin kecil pula.,. tapi wanita yang rambutnya panjang selalu memakai topi khusus renang guna mengurangi gesekan dengan air sehingga dapat berenang lebih cepat dan juara,.  :D

  • Satu jam berenang akan membakar hingga 650 kalori.
ini dapat dikatakan jika anda ingin langsing maka belajarlah berenang dan rutinlah berenang,. karena dengan berenang 650 kalori di tubuh kita terbakar sehingga lemak2 akan keluar,.
  • Berenang dapat memperkuat jantung dan paru-paru. 
dengan berenang secara tidak langsung kita akan melatih jantung kita dan paru2,. paru2 akan terlatih saat kita menarik napas dan menahannya saat berenang di air sob,. tapi ingat jangan memaksakan kemampuan anda saat hanya berenang santai karena dapat berbahaya bagi kesehatan,.
  • Berenang dapat mengurangi stres. 
ini memang benar sob,. karena jika anda coba untuk berenang dan diam sejenak di air(mengapung) dan memandang langit maka semua beban serasa hilang untuk sejenak,. ini mirip meditasi sob,. itulah sebabnya pantai wisata di Mangatasi Tanawangko tidak pernah sunyi,. karena banyak orang ingin melepas lelah dan penat di pantai sambil berenang,. :)

dan info tambahan kalau dalam renang tercatat kalo Atlet Renang asal Amerika Michael Phelps,. 
berikut juga ekspersi lucu saat berenang :cekidot:
 
 
  
cool toch gayanya?? ,. hehe

Referensi :
http://pandri-16.blogspot.com/2010/11/sejarah-olahraga-renang-di-dunia.htmlhttp://map-bms.wikipedia.org/wiki/Renang
http://falcon5887.multiply.com/journal/item/2
http://info-faktaunik.blogspot.com/2010/10/fakta-unik-mengenai-berenang.html

semoga dapat menambah pengetahuan anda,. thanks :))


2 Responses to "Sejarah dan Fakta Unik olahraga Renang Dunia"
jauharotul maknunah said...

Salam kenal gan...
Artikelnya menarik nih... Kalau boleh tau, berapa jam-kah tenggang waktu yang dibutuhkan untuk berolahraga renang setelah makan besar? Dan adakah jenis baju senam yang dilarang untuk digunakan saat berenang?
Thanks... :)


June 27, 2013 at 6:28 PM
tommy damima said...

@Jauharotul., berdasarkan info dr mr.google dikatakan bahwa qt harus nunggu 1 jam stlh mkn besar kalo tdk mungkin qt akan merasa kram saat berenang,. dan sekarang ini baju renang canggih Ternyata dilarang karena membantu atlit renang berenang lebih cepat hingga rekor2 dunia renang banyak yang terpecahkan,. btw thanks so mampir sob


June 30, 2013 at 5:15 PM

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors