RSS

obat tradisional mengobati penyakit Supi alias asam urat


Obat tradisional Supi alias asam urat. Asam Urat atau orang Manado biasa bilang panyaki Supi tidak lagi berpatokan pada usia,. liat aja beberapa kawula muda Manado terserang penyakit menyakitkan ini. anda tidak bisa bergerak, tidak bisa melakukan apa2 karena semuanya sakit bro,. 

dan perlu diketahui bahwa supi atau asam urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh
makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Biasanya asam urat menyerang pada usia lanjut, karena penumpukan bahan purin ini. Selain konsumsi makanan yang banyak mengandung zat purin, konsumsi alkohol juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit asam urat. Alkohol menyebabkan pembuangan asam urat lewat urine berkurang, sehingga asam urat tetap bertahan dalam peredaran darah dan menumpuk di persendian.
 penyebab utama Penyakit supi karena tingginya kadar asam urat dalam darah akibat gangguan metabolisme protein purin. Normalnya, nilai asam urat bagi wanita 2,4 – 6, untuk pria 3,0 – 7 . Adanya peningkatan asam urat darah lainnya yaitu Terdapat kristal urat yang khas dalam cairan sendi, Terdapat tofus yang telah dibuktikan dengan pemeriksaan kimia, Terjadi lebih dari satu kali serangan nyeri di persendian.
 

  so untuk itu untuk itu dikesempatan kali ini akan diposting tentang pengobatan tradisional daun dari penyakit Supi alias asam urat :
  • Obat Supi: daun Salam dan Sereh
10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air + ½ batang sere hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat. Diminum rutin sehari segelas atau dua gelas.
  • Teh Hijau
Teh hijau mengandung banyak polifenol yang bekerja sebagai antioksidan pencegah serangan asam urat. Selain itu, teh hijau juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang bermanfaat bagi penderita asam urat. Riset oleh universitas Michigan menunjukkan bahwa teh hijau mengandung senyawa yang disebutepigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang mencegah produksi molekul penyebab inflamasi dan kerusakan sendi pada pasien asam urat.
  • Daun Salam
Resep ramuan tradisional yang cukup ampuh untuk mengatasi asam urat yang tinggi, caranya dengan merebus 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat. Diminum tiap pagi dan sore. 
Untuk pencegahan, 7 lembar daun salam direbus dengan 2 gelas air hingga menjadi satu gelas. minum tiap hari satu gelas.
  •  Jahe Merah
Jahe merah adalah herbal anti peradangan. Selain itu, jahe merah meningkatkan nafsu makan dan memperlancar sistem pencernaan dan pernafasan. Jahe merah membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah.
  •  Tanaman Kumis Kucing
Tanaman Kumis kucing - Kumis kucing adalah tanaman herbal tradisional yang telah lama dikenal sebagai obat yang berkhasiat sebagai penghancur batu di saluran kencing. Rasanya manis tapi sedikit pahit namun sekarang tak sedikit orang yang suka menanam tanaman obat-obatan seperti ini di halaman atau dipekarangan rumah. Garam kalium terkandung dalam tanaman ini sangat bermanfaat untuk melarutkan batu ginjal, karena tanaman ini banyak digunakan sebagai obat penghancur batu ginjal. kandungan sinsetin-nya juga bersifat sebagai antibakteri, dan tanaman ini juga mengandung senyawa orthosiphonin glikosida. Sifat diuretik tanaman ini berguna untuk membantu tubuh membuang kelebihan asam urat lewat Urin.
 

   setelah anda mengetahui pengobatan tradisional yang telah diposting diatas,. sebaiknya andapun mengetahui pantangan2 yang perlu tuk menghindari anda terkena asam urat ataupun untuk meringankan penyakit menyakitkan ini:
  1. Jeroan: ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak
  2. Seafood: udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden
  3. Ekstrak daging seperti abon dan dendeng
  4. Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, sarden)
  5. Daging kambing, daging sapi, daging kuda
  6. Bebek, angsa dan kalkun
  7. Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping
  8. Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung
  9. Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental
  10. Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa
  11. Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega
  12. Makanan kaya protein dan lemak
intinya anda harus mengurangi makanan yang mengandung purin, karena asam urat terjadi karena terjadi tumpukan kristal asam urat yang disebabkan oleh purin. dan bagi orang manado,. sebaiknya mengurangi konsumsi sayur kangkung juga brenebon,. ataupun babi tore,. hehehe ataupun kurangi bagate captikus apalagi saguer,.

okay,. selain obat tradisional diatas, terdapat pula beberapa obat mujarab buat mengatasi penyakit supi asam urat,. tapi hampir semua bahan dasarnya sama dengan yang diatas,. dan ada juga yang berbahan dasar manggis yang khasiatnya bagus,. 

info tambahan kalau ciri ciri penyakit asam urat antara lain: 
Rasa kesemutan & linu pada sendi, nyeri yang muncul terutama pada malam hari atau pagi hari saat bangun tidur. Selain itu, terjadi pembengkakan pada sendi, kemerahan, rasa panas & nyeri yang luar biasa.

demikian postingan kali ini ,. semoga berguna bagi pembaca,. ingat jangan lupa olahraga, jaga pola makan supaya anda sehat,. dan ingat juga bahwa kesehatan itu MAHAL sob,. :0


0 Responses to "obat tradisional mengobati penyakit Supi alias asam urat"

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors