RSS

Makna Jumat Agung buat orang Kristen


Makna Jumat Agung buat orang Kristen. Sebagai umat Kristiani yang percaya akan Tuhan Yesus sebagai anak Allah pastilah tau tentang Jumat Agung. belum? sebaiknya baca artikel ini tentang makna dari Jumat Agung. 
   Jumat Agung merupakan hari dimana wafatnya Tuhan Yesus Kristus diatas bukit golgota. Yesus Kristus wafat bukan tanpa maksud, tapi Dia rela mengorbankan tubuhNYA di salib untuk menebus dosa kita manusia di dunia. ingat dicatat di alkitab dikatakan Dia menebus SEMUA umat manusia bukan hanya orang kristen,., 
Mengapa disebut Jumat Agung? 
Di mana letak keagungannya? 
Jumat Agung sebagai hari di mana Yesus tergantung di salib hina. Manusia Yesus yang agung terkulai tak berdaya di kayu salib. Ia diperlakukan sebagai penjahat kelas kakap. Ketika Ia diadili, tak satu pun ditemukan kesalahan-Nya. Namun demikian, toch hukuman itu tetap dijalankan..
bayangin aja sob,. DIA yang membuat dunia ini rela mati tanpa mengeluh,,. tiada dosa dibuatNYA,. dan ingat DIAlah Tuhan, bukan kita manusia,. Pada puncak penderitaan-Nya di salib, Yesus dihina dan dilecehkan oleh orang-orang yang menyalibkan-Nya. Namun Ia tidak pernah marah, menggerutu atau menyalahkan serta balas dendam terhadap mereka yang menyalibkan-Nya. Bahkan Ia mengampuni mereka dengan doa-Nya:” Ya, Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka buat”  Ini sangat mengharukan karena Yesuspun meminta BAPA disorga untuk memaafkan mereka yang menyalibkannya.
    Pengorbanan Yesus Kristus merupakan Pengorbanan sampai Akhir. Dimana  Visi dan Misinya sebagai penghapus dosa manusia sudah selesai di dunia. Dosa membuat manusia terbelenggu, dosa membuat manusi tidak bebas. Akibat dosa, manusia menjadi ketakutan, penuh dengan kekawatiran. Coba lihat Kitab Kejadian 3. Setelah manusia pertama jatuh dalam dosa, mereka takut akan Allah. Manusia sendiri tidak mampu melepaskan ikatan belenggu, kecuali oleh Yesus dan kuasa darah-Nya.
    Dosa telah membuat hati manusia kotor tercemar. Agar hati menjadi bersih kembali harus dibasuh, dicuci dan akhirnya dibersihkan dengan darah Yesus yang tumpah ke atas bumi. Kekuatan dosa manusia telah mencengkeram hati manusia, dan hanya dapat dilawan dengan kekuatan Ilahi, yakni Darah Yesus. Oleh bilur-bilur-Nya, kamu disembuhkan.
 
INRI,., sebuah Nama yang disematkan diatas salib Tuhan Yesus,., 
nama ini juga diberikan oleh Ibuqu buat adik perempuanqu sebagai Namanya untuk mengingat kasih Yesus,., dan karena dia lahir pas hari Jumat Agung 29 December 1991,. hehehe kata Misye Inri Damima.

 informasi tambahan bahwa ada tujuh perkataan terakhir dari Yesus Kristus saat disalib.
  •  Yesus berkata: 'Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.' dalam lukas 23:34
  • Kata Yesus kepadanya: 'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.' Lukas 23:43 dimana perkataan itu ditujukan bagi seorang penjahat yang disalib juga di samping Yesus Kristus yang kemudian meminta ampun kepadaNYA.
  • Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: 'Ibu, inilah, anakmu!'
  • Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: 'Eli, Eli, lama sabakhtani?' Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?'
  • Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia-supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci-:'Aku haus!'
  • Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: 'Sudah selesai.' Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.
  • Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: 'Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku.' Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawa-Nya.
demikianlah makna dari Jumat Agung,. sekiranya kita umat Kristiani tetap berpegang teguh kepadaNYA karena DIA tidak pernah meninggalkan umatNYA,. dan rela mengorbankan nyawanNYA untuk kita,. 
Oleh karena itu, bagi yang percaya kepada Yesus, Salib bukan hinaan, tetapi rahmat, sebab Salib Yesus menyelamatkan kita semua. AMIN,.
semoga IMAN kita menjadi KUAT,.,  GBU


14 Responses to "Makna Jumat Agung buat orang Kristen"
Anonymous said...

Tks..sangat memberkatiQ..GBU..!!!


March 28, 2013 at 2:23 PM
Threza said...

Makasi Ya...aduuu sangat menyentuh hatiQ,
kini ku sadar aku berharga d mata Tuhan..GBU


March 28, 2013 at 2:25 PM
tommy damima said...

@@Threza & Someone,. Sama2,. sngnya kalo sudah membuat tulisanqu berguna buat org laen,


March 28, 2013 at 4:56 PM
Timothy Julian Christian Daud said...

Kasihnya tiada duanya :D


March 30, 2013 at 2:29 AM
tommy damima said...

To Timothy ., Amin


March 30, 2013 at 3:03 AM
Anonymous said...

sekarang aq mengerti apa yg d sebut jumat agung


April 14, 2013 at 8:46 AM
Misbachul Munir said...

Saya baru tahu makna Jum'at agung
Thanks artikelnya...

(Walaupun saya muslim, saya sangat suka kisah2 yesus)


October 24, 2013 at 7:57 PM
tommy damima said...

@Misbachul Munir,. sama2 sob,. saling berbagi kisah toch!! mengenal agama satu dengan yang lain


November 1, 2013 at 3:38 AM
Heri Purwono said...

Begitu besar pengorbanan yang sudah Yesus berikan untuk menebus dosa manusia, kini saatnya bagi kita sebagai umat yang percaya, untuk memikul salib dan menyalibkan dari keinginan keinginan daging & menanggalkan keduniawian. Met Paskah God Bless U


April 16, 2014 at 9:16 PM
Heri Purwono said...

Begitu besar pengorbanan yang sudah Yesus berikan untuk menebus dosa manusia, kini saatnya bagi kita sebagai umat yang percaya, untuk memikul salib dan menyalibkan dari keinginan keinginan daging & menanggalkan keduniawian. Met Paskah God Bless U


April 16, 2014 at 9:25 PM
B.Yudha Tarigan said...

Mari ceritakan kabar duka yg mana adalah awal dari sukacita besar


April 16, 2014 at 10:31 PM
B.Yudha Tarigan said...

Mari ceritakan kabar duka yg mana adalah awal dari sukacita besar


April 16, 2014 at 10:31 PM
Fritz Kwanandar said...

membantu mengenal apa itu jumat agung :)


November 6, 2016 at 6:55 AM
Fritz Kwanandar said...

membantu mengenal apa itu jumat agung :)


November 6, 2016 at 6:55 AM

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors