BAB I
PENDAHULUAN
1.1
DASAR DAN TUJUAN
PELAKSANAAN PENGALAMAN LAPANGAN
A. Dasar
Kebijaksanaan Pengalaman Lapangan
1.
Dasar
Kebijaksanaan
a.
Tri
Dharma Perguruan Tinggi
b.
Kurikulum
Pendidikan FIS-LPTK.
c.
Pedoman
pelaksanaan system pendidikan tenaga kependidikan di Indonesia, buku jilid II
tentang Program Pengalaman Lapangan.
d.
Peraturan
Pemerintah No. 05 Tahun 1990.
e.
Surat
edaran dirjen Dikti No. 36/Dikti/Kep/1990.
2.
Dasar
Pemikiran
a.
PPL
merupakan salah satu kegiatan intrakulikuler yang diikuti oleh mahasiswa yang
mencakup latihan mengajar mauun kegiatan pendidikan secara berimbang dan
terpadu sebagai syarat untuk mengembangkan profesi pendidikan.
b.
PPL/MKG
merupakan bagian internal dalam keseluruhan kurikulum LPTK.
c.
PPL
merupakan muara, dimana semua unsure komponen kurikulum yang terpadu, sehingga
menampakan wajah kependidikan.
d.
PPL
dalam pelaksanaannya, mahasiswa memerlukan bimbingan yang mantap, terarah
terpadu, sehingga mampu melaksanakan tugas- tugas kependidikan.
e.
Dalam
Pembangunan nasional, khususnya pendidikan dibutuhkan tenaga- tenaga guru yang
professional, mampu meningkatkan mutu pendidikan, karena itu pengalaman –
pengalaman lapangan sebagai salah satu cara dalam pembentukan tenaga guru yang
professional mutlak diperlukan dan dilaksanakan.
B. Fungsi
Magang kerja guru/ pengalaman Lapangan berfungsi
sebagai:
a.
Salah
satu persyaratan akademik yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa LPTK.
b.
Wadah
untuk melatih diri secara formal dan terprogram untuk menjadi guru yang
professional.
c.
Sarjana
mempraktekan pengetahuan teoritis yang diperoleh dalam kulliah bidang studi
maupun kependidikan dan keguruan.
d.
Wadah
pembinaan dan pembentukan sikap keterampilan professional guru.
e.
Media
dan kesempatan untuk mengenal dan mengalami langsung sebagai realita dan
permasalahan dalam lapangan pekerjaan sebagai guru.
PPL/ MKG
merupakan muara dari seluruh program pendidikan yang pelaksanaannya dilakukan
secara terjadwal setelah mahasiswa mendapat bekal memadai selama paling kurang
tujuh semester alam berbagai pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan
tugasnya sebagai guru, mencakup
semua mata kuliah pendidikan dan keguruan bidang studi serta latihan yang
berkaitan dengan keterampilan mengelola proses belajar mengajar.
1.2.
HAKEKAT PELAKSANAAN
PPL/MKG
Tugas
dan jabatan guru pada hakikatnya merupakan keahlian sehingga membutuhkan
kemampuan professional yang unik dan spesifik. Kemampuan profesioal keguruan
ini bersifat kompleks, sehingga diperlukan pendidikan yang sistematis dan
terarah dalam jangka waktu menguasai dan menghayati kemampuan tersebut,
hendaknya sudah terbentuk dan dibina sebelum para guru menghadapi lapangan
pekerjaannya secara formal dan nyata sesuai dengan bidang ilmu yang
ditekuninya.
Kemampuan
professional keguruan membutuhkan keterangan dalam layanan ahli keguruan yang pada
dasarnya mencakup dua sisi, yaitu:
1.
Kemampuan
melaksanakan tugas
2.
Mengetahui
batas kemampuan serta persiapan untuk menemukan sumber yang dapat membantu
membatasi keterbatasan dalam melaksanakan tugas.
1.3. IDENTITAS
DIRI
Nama : Tommy Damima
NIM : 0630226
Tempat/Tanggal Lahir : Manado,
04 Mei
1988
Jurusan/Prodi : Bahasa Inggris/S1
Fakultas : Bahasa dan Seni
Telah melakukan
Magang Kerja guru/PPL selama 3 Bulan
terhitung Februari hingga Mei 2010 di sekolah SMA NEGERI 1 TOMBARIRI.
1.4. SEKOLAH
LATIHAN
1.) Identitas Sekolah
NSS/NIS : 270721001642
Nama Sekolah : SMA NEGERI 1
TOMBARIRI
Alamat : Jln Trans
Sulawesi, Desa Ranowangko.
Bentuk Sekolah : Biasa
Status Sekolah : Negeri
2.)
Keadaan Sekolah
a. Keadaan Fisik Sekolah
SMA
Negeri 1 Tombariri belokasi di Jln. Trans Sulawesi, Desa Ranowangko Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa. Batas batas
sekolah sebagai berikut :
·
Sebelah
utara berbatasan dengan SMP 1 Tombariri
·
Sebelah
Selatan berbatasan dengan rumah penduduk
·
Sebelah
Timur berbatasan dengan Ruma penduduk
·
Sebelah
barat berbatasan dengan Jalan Trans Sulawesi.
v Jenis Bangunan Sekolah
: Permanen
v Bentuk bangunan
sekolah : Persegi panjang
b. Unit – Unit Bangunan Sekolah
Situasi dan unit bangunan sekolah
dalam tahun pelajaran ini adalah sebagai berikut:
1.
Ruang
kepala sekolah (1 buah)
2.
Ruang
tata usaha (1 buah )
3.
Ruang
Guru (1 Buah)
4.
Ruang
Kelas (17 Buah)
5.
Bola
Voli (3 Buah)
6.
Bola
Kaki (1 Buah)
7.
Bola
Takraw (1 Buah)
8.
Bola
Basket (2 Buah)
9.
Raket
Bulutangkis (6 Buah)
10.
Tolak
Peluru (2 Buah)
11.
Alat
music marching band (1 set)
3). Proses Pendidikan
a. Kurikulum Sekolah
Seperti
sekolah lainnya, SMP Negeri 1 Tombariri saat ini menggunakan Kurikulum edisi
2006 KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), dimana kurikulum ini
menggunakan system semester.
b. Kalender Pendidikan
Kalender
pendidikan yang digunakan pada SMA negeri 1 tombariri adalah kalender
pendidikan tahun 2008-2009. Kalender pendidikan ii berpatokan pada kalender
nasional sesuai dengan lampiran kepala kantor wilayah Deartemen Pendidikan Dan
Kebudayaan Propinsi Sulawesi Utara.
c. Layanan dan Bimbingan
Bimbingan
adalah suatu proses bantuan kepada siswa secara berkelanjutan dan sistematis.
Program bimbingam dimaksud untuk membantu siswa agar berkembang secara optimal
sesuai dengan kemampuan, bakat,minat, dan nilai yang dianut oleh siswa. Layanan bimbingan di SMA Negeri 1 Tombariri
lebih berorientasi kepada anak yang mempunyai masalah seperti belajar,
kehadiran dan masalah pribadi serta masalah lainya.
Dari
hal tersebut di atas, kami melihat bahwa hubungan antara siswa dengan guru
serta personalianya adalah baik. Hal ini diwujudkan secara formal seperti
adanya rapat dengan orang tua murid atau wali siswa.
4.) Keadaan Guru, Pegawai dan Siswa
a. Keadaan Guru
Jumlah guru tetap SMA
Negeri 1 Tombariri adalah 30 orang, yang terdiri dari :
·
Laki-
laki = 14 orang
·
Perempuan = 16 orang
b. Keadaan Pegawai /Tata Usaha
·
Laki – Laki = 2
orang
·
Perempuan = 5 orang
c. Keadaan Siswa
·
Kelas X = 153 Orang (laki – laki 83, Perempuan 70)
·
Kelas XI = 115 Orang (laki- laki 46, perempuan 69)
·
Kelas XII = 391 Orang (laki- laki 59, Perempuan 64)
BAB II
KEGIATAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN
2.1 PELAKSANAAN
MENGAJAR
Pelepasan peserta magang kerja guru
/program pengalaman lapangan UNIMA dilakukan oleh rector UNIMA pada akhir bulan
februari 2010 di gedungkuliah bersama [GKB] UNIMA,setelah itu bersama ketiga
rekan saya didampingi oleh dosen pembimbing melapor diri ke sekolah mitra SMA
Negeri 1 Tombariri pada tangal 2 maret 2010.
Setelah diterima di sekolah dengan melihat
surat pengantar serta beberapa ketentuan lainya, mahasiswa PPL langsung
mendapat kesempatan untuk mengadakan orientasi observasi sekolah sebelum
melaksanakan tugas sebagai mahasiswa PPL dan dapat jadwal mengajar. Dalam
melakukan orientasi observasi tersebut kami mulai mendapat bimbingan dan arahan
yang diberikan oleh kepala sekolah dan
guru pamong yang sudah ditunjuk untuk masing –masing mahasiswa.
Selama mengikuti kegiatan PPL di SMA
Negeri 1 Tombariri penulis telah melakukan kegiatan mengajar , baik tugas
mengajar yang ditugaskan guru pamong ataupun tugas mengajar, yang mengisi jam
kosong ketika guru pamong atau guru bidang studi berhalangan tidak masuk kelas
. pelaksanaan proses belajar mengajar disesuaikan dengan jadwal yang sudah
ditetapkan oleh guru pamong. Penulis
ditugaskan mengajar di kelas X1,X3,XI IPS1.
Kelas tersebut, semuanya ditugaskan oleh ibu Cristiani Runtukahu S,Pd.
a.
Hal
yang perlu diperhatikan dalam proses
belajar mengajar adalah;
·
Program
semester,
·
Distribusi
kompetensi dasar per semester,
·
Pengembangan
silabus,
·
Desain
pembelajaran,
·
Alat
peraga/Alat bantu
Hal-hal yang
perlu diperhatikan dalam proses belajar mengajar adalah.
·
Membuka
dan menutup pelajaran,
·
Pengelolaan
kelas,
·
Penuasaan
penyajian materi,
·
Model
desain pelajaran
Penulis
mengajar pelajaran Bahasa Inggris di kelas ,tetapi adakalanya mengantikan guru
yang berhalangan mengajar atau tidak dapat datang di sekolah. Penulis mengajar
di sesuaikan dengan jadwal mengajar guru pamong, secara lebih rinci jadwal
mengajar penulis ialah pada kelas- kelas
pada hari senin, selasa, Jumat.
Dalam pelaksanaan magang kerja guru di SMA Negeri 1 Tombariri didasarkan
atau disesuaikan dengan pokok-pokok yang akan dilaksanakan dalam lapangan
yaitu;
1. orientasi tentang sekolah
2. orientasi kelas,
3. partisipasi mengikuti kegiatan sekolah,
4. praktek proses belajar mengajar.
Adapun
jadwal mengajar adalah sebagai berikut :
HARI
|
JAM PELAJARAN
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
|
X3
X3
|
X3
X3
|
X1
XI
IPS2
|
X1
XI
IPS2
|
XI
IPS2
|
XI
IPS2
|
X1
|
X1
|
2.1. LAYANAN BIMBINGAN DAN PEMBINAAN PROSES BELAJAR
MENGAJAR
Layanan bimbingan dan pembinaan proses
belajar mengajar selama magang kerja guru (MKG)di SMA Negeri 1 Tombariri sering
diberikan oleh guru pamong, guru mata pelajaran yang sama, guru piket dan guru yang lainya boleh dikatakan bahwa
semua mahasiswa PPL di SMA Negeri 1 Tombariri benar-benar digodok dan ditempa
sehinga bisa atau dapat menjadi guru yang baik.
Layanan bimbingan yang diberikan rumus sebagai
berikut;
1.
Layanan
bimbingan oleh dosen pembimbing
a. memperhatikan petunjuk yang diberikan oleh
guru-guru pamong dan kepala sekolah serta
guru-guru mata pelajaran yang sama
b. menjaga nama baik UNIMA di tondano dan
menjaga disiplin kerja
c. mengembangkan ilmu yang diperoleh selama
kuliah .
d. mengikuti semua
peraturan sekolah/peraturan kerja selama PPL berlangsung dan meminta izin dari guru pamong atau kepala
sekolah sekiranya ada keperluan yang harus
diselesaikan
2.
Layanan
bimbingan oleh guru pamong
a.
Cara membuat program ,tahunan program semester,
pengembanggan silabus dan desain pembelajaran .
b.
Cara
merumuskan kopetensi dasar yang baik (berdasarkan pengembangan silabus) dan
cara membuat butir-butir soal
c.
Cara
membuat pendekatan terhadap siswa dan penguasaan kelas dan penanaman konsep
yang mudah di gemari oleh siswa.
2.3. KEGIATAN
EKSTRAKURIKULER
Kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti dan
dilaksanakan selama penulis mengikuti PPL di SMA Neger1 1 Tombariri adalah
seperti mengawasi siswa yang sedang melaksanakan kerja bakti . mengikuti
upacara bendera setiap hari senin dan mengikuti ibadah pada hari sabtu.
2.4. ADMINISTRASI
SEKOLAH
Selama penulis mengikuti PPL di
SMA N1 Tombariri, administrasi sekolah yang di lakukan adalah menjalankan piket
sesuai dengan jadwal piket yang tela ditentukan, yakni pada hari sabtu . selain
itu penulis juga menjaga kelas yang tidaak ada guru karena berhalangan hadir
2.5. PEMBINAAN KEHIDUPAN
SOSIAL
Dalam mewujudkan peran sekolah
sebagai lembaga sosial SMA Negri 3
tondano memikul tangung jawab memproses sejumlah tenaga kerja sisuai dengan
jenis dan tingkatanya masing-masing. Peranan sekolah dapat ditinjau berdasarkan
kedudukan yang harus dipersiapkan anak-anak agar menjadi warga Negara yang
baik. Peranan ini diharuskan sekolah agar mampu meneruskan nilai-nilai dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara guna membentuk sikap , mental
dan kepribadian yang di cita –citakan.
Karena
hal tersebut, maka hubungan antara murid, guru, dan pegawai di SMA Negeri
1 Tombariri berjalan baik. Komunikasi
antara guru, murid dan pegawai lainya diwujudkan secara formal, misalnya
mengadakan rapat dengan orang tua /wali maupun informasi dalam setiap
kesempatan di dalam dan di luar sekolah
BAB lll
REFLEKSI
KEGIATAN MAGANG KERJA GURU DI SEKOLAH
3.1. REFLEKSI
PELAKSANAAN KEGIATAN MENGAJAR
Selama pelaksanaan kegiatan mengajar di SMA Negeri 1
Tombariri , secara umum dapat di katakan bahwa pelaksanaan PPL/MKG bejalan dengan
baik. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pelaksanaan KBM dapat
berjalan dengan lancer.
Masalah yang di temui dalam
magang kerja guru (MKG) ini adalah sebagi berikut;
1.
Siswa
tidak mengunakan masa belajar yang ada untuk belajar efisien dan sistematis.
2.
Banyak
siswa yang keluar dan masuk untuk hal-hal yang kurang penting setiapkali.
3.
Kurangnya
minat membaca di kalangan siswa.
Dalam hal ini, penulis mengambil beberapa
alternative guna mengatasi masalah seerti yang ditanyakan diatas :
1.
Mengatasi
semangat siswa serta membangkitkan minat untuk belajar dengan memberikan
perhatian penuh semasa guru sedang mengajar dan sebaliknya serta siswa
menggunakan waktu yang ada untuk belajar.
2.
Ketegasan
dari seorang guru untuk membiarkan siswa keluar masuk kelas jika untuk urusan
yang tidak perlu.
3.
Semakin
banyak yang diketahui, maka semakin banyak pula hal-hal yang belum kita
ketahui. Maka itu minat membaca harus dipupuk.
3.2. REFLEKSI
KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN
Penulis sangat berterima kasih
atas layanan bimbingan yang telah diberikan dari dosen pembimbing, guru pamong
maupun kepala sekolah. Banyak hal yang telah diberikan oleh mereka.
3.3.
REFLEKSI KEGIATAN
ADMINISTRASI SEKOLAH
Dalam pelaksanaan PPL semua mahasiswa perlu mengetahui tugas-tugas
administrasi lainnya terutama tugas – tugas ketatausahaan supaya bekal
mahasiswa PPL setelah selesai kuliah bukan hanya keterampilan mengajar tetapi
juga keterampilan mengelola administrasi. Karena tugas guru itu bukan saja
mengajar tetapi juga terlibat dalam mengelola administrasi sekolah. Dengan
adanya bekal seperti itu mahasiswa yang berpraktek benar-benar menjadi seorang
guru yang siap pakai dan penuh dengan keterampilan.
3.4.
REFLEKSI KEHIDUPAN
SOSIAL
Hubungan social yang dimaksud
adalah hubungan antara warga sekolah dengan masyarakat disekitarnya termasuk
para orang tua murid yang berjalan dengan lancar. Komunikasi antara warga
sekolah menjadi lancer dengan adanya bantuan BK oleh ibu Nurhayati Sidiki. Hubungan sosial
sekolah dengan warga juga dikatakan baik, karena jika murid bermasalah langsung
dihubungi orang tua murid agar masalah terpecahkan bersama.
BAB IV
PENUTUP
4.1. KESIMPULAN
Dalam melaksanakan PPL
di SMAN1 Tombariri, hal yang dapat disimpulkan adalah sebagai berikut:
1.
PPL
membuat mahasiswa memperoleh pengalaman kerja sebagi seorang guu dan melatih
semua teori yang telah diterima semasa belajar di kampus.
2.
Membentuk
semangat yang tinggi, keberanian, keyakinan dan mental yang sehat baik dalam
mendidik dan membimbing siswa kea rah manusia yang sempurna.
3.
Membentuk
cara berpikir positif dan terbuka untuk menghormati semua pendapat dari peserta
didik sehingga membentuk kepribadian yang lebih profesional.
4.
Wawasan
yang semakin luas terhadap dunia pendidikan dan berpikir kreatif dalam
menerapkan segala ilmu yang diterima dan senantiasa bermotifasi dalam melakukan
segala kegiatan.
5.
Terbentuknya
disiplin yang tinggi dan kepribadian yang baik dan akhlak yang mulia sebagai
calon guru yang berpotensi tinggi dan siap pakai untuk bekerja pada masa depan
setelah menyelesaikan studi.
4.2.
SARAN
Setelah melaksanakan
PPL, penulis dapat merasakan bagaimana hidup sebagai tenaga professional guru
dalam lingkungan sekolah, oleh karena itu penulis ingin menyarankan sebagai
berikut:
1.
Kegiatan PPL perlu dilanjutkan
guna melahirkan guru yang berkualitas dan siap pakai untuk dunia kerja.
2.
Kegiatan
PPL yang penting ini sudah cukup baik dan diharappkan agar pada masa depan
lebih baik lagi supaya lebih membantu mahasiswa mencapai pengalaman yang
optimal.
3.
Bagi
siswa ada baiknya menggunakan waktu dengan membaca buku dan mendapatkan
informasi terbaru di perpustakaan sekolah maupun mempelajari cara mengakses
informasi dari internet guna menambah wawasan dalam menghadapi tantangan hidup
global sekarang ini. Juga bias berbagi pengalaman pendidikan dengan siswa dari
Negara lain agar lebih bertambah pengetahuan dan pegalaman dengan menggunakan
jasa internet dan E-mail yang biasa didapatkan di cyber net café atau ke
laboratorium computer sekolah.
Lampiran 01
TATATERTIB SEKOLAH SMA NEGERI 1 TOMBARIRI
SMA
Negeri 1
Tombariri
memiliki beberapa kewajiban dan larangan yang harus dijalankan dan dipenuhi
oleh setiap siswa.
A. Kewajiban
siswa
1.
Menjaga
dan mempertahankan nama baik sekolah
2.
Bersikap
sopan terhadap guru, pegawai dan semua teman.
3.
Dating
tepat waktunya (10 menitsebelum pelajaran dimulai ).
4.
Melapor
kepada kepala sekolah bila ada kegiatan siswa yang bersangkutan.
5.
Melapor
kepada kepala sekolah atau guru piket bila terlambat tiba disekolah.
6.
Minta
izin lewat surat dengan ditandatangani oleh orang tua/wali jika tidak masuk
sekolah.
7.
Berpakayan
seragam sesuai dengan ketentuan sekolah.
8.
Merias
sdiri sebagaimana seorang siswa.
9.
Mengatur
rambut sesuai dengan ketentuan.
10.
Minta
izin dengan surat yang ditandatangani jika ada sesuatu urusan selama pelajaran
berlangsung.
B. LARANGAN-LARANGAN
1.
Membawa
atau merokok disekolah.
2.
Menerima
tamu secara langsung tanpa seizin kepala sekolah atau wakil kepala sekolah atau
guru piket.
3.
Membawa
atau membaca buku yang tidak sesuai dengan pendidikan.
4.
Membawa
senjata tajam dalam bentuk apapun.
5.
Berkelahi
dengan guru, pegawai atau teman.
6.
Membawa
atau mengunakan perhiasan make-up secara berlebihan.
7.
Mengeluarkan
kata-kata tidak sopan kepada guru,pegawai dan teman.
8.
Memasuki
ruangan khusus tanpa izin.
9.
Merusak
perabot sekolah atau peralatan sekolah.
10.
Membuat
keributan dan menggangu keamanan sekolah.
Неllο, i fеel that i noticed yοu vіsited my blog thus i gοt hегe tο return
thе want?.Ӏ'm trying to find things to improve my website!I assume its good enough to use some of your ideas!!
Here is my web site: http://www.online-radioportal.de/radio-genre-techno
February 24, 2013 at 10:48 PM
This is vеry attеntion-grabbіng, Үou
аre a νery skilled bloggеr. I've joined your rss feed and stay up for looking for more of your magnificent post. Additionally, I have shared your web site in my social networks
Also visit my web blog: Highly recommended Site
February 25, 2013 at 1:51 PM
Usually, a brand new website takes about six
months to one year to appear in the SERPs of Google, assuming the service provider is
worth their salt. Spend some time to design a good-looking 404 page, site offline page, etc.
Users normally tend to visit websites that are at the top of this list as they perceive those
to be more relevant to the query. While you’re at it,
remove all or fix 404 errors. Since Google organic
rank can bring in thousands of potential customers, search engine position service firms have made a business
of promising high positions in search engine results pages.
The major preference is for offshore SEO companies as they offer
SEO at the most competitive prices. Social networking Optimization Websites which include Facebook
and You - Tube could be the latest examples of how "personal" websites
can be appropriated for business. When SEO services are working for you, you should always be ready to capitalise on innovations and fresh marketing opportunities.
Make buying easy for the customer and they will return often.
Also make sure that the articles are of high quality
as it is the key to get better rankings on search engines and more profits.
They want to know things about how to create effective copy, general marketing
tips and maybe even stuff about social media. Still hanging on.
Effective SEO techniques for Bloggers aren't any different. You can find several internet marketing companies across the world. And, as more and more companies move larger portions of their advertising budgets to internet marketing, there is an even greater demand for their skills. SEO companies may only offer this type of service. The World Wide Web is an incredible source of customers and potential revenue for all types of businesses and companies in all niches. When a person enters a keyword into the search box of a particular search engine such as Google, there will be scores of results showing out which are a result of a search engine algorithm devised by that particular search engine. First of all a market survey is done by them as to know the competitors analysis. ============ More at: Comment "Smartly" & Increase Page Views: Writing Essentials 8.
Look at my weblog seo agency
February 25, 2013 at 3:32 PM
These five free basketball game apps for the i - Phone will surely help you get your game on.
WIFI:Als Verbindungsmoglichkeiten ins Internet stehen Ihnen
WIFI wireless lan zu Verfugung. You'll have to keep the phone close (on the bed or in an armband) for the app to work.
my blog post online radio
February 26, 2013 at 7:54 AM
Hi there! Do you use Twitter? I'd like to follow you if that would be okay. I'm undoubtedly enjoying your blog and look forward to new posts.
Also visit my page ... Game Key kaufenCrysis 3 key
My website: mouse click the up coming webpage
February 26, 2013 at 5:33 PM
@somebody,. thanks for visiting my blog many times :) I have twitter for my own but I'm sorry I have no twitter for this blog to follow. okay:D
February 26, 2013 at 7:24 PM
I realize that there is not a ton of variety in this list, since Rogue and i -
Net - Hack are essentially the same and Sorcerer
#1 and #2 are more overtly the same. Each program will have a box with a checkmark, find the programs you'd like to uninstall and uncheck that box. A Twitter app for Zune has been created and is now available for download through Microsoft's Marketplace.
Feel free to surf to my webpage ... gratis spiele
February 27, 2013 at 3:20 PM
Іt's awesome to visit this web page and reading the views of all mates on the topic of this article, while I am also keen of getting know-how.
Also visit my web-site :: internetradio
March 1, 2013 at 12:43 AM
When the laptop division went to Lenovo, as in the
T61, the design and appearance declined. I even find myself backing away from recommending other
resources which, in the past, I would have shared
willingly. One situation had me pose as bait to draw the enemies out so my ally could dispatch them.
When it comes to bridging your skills gap in gaming world then you can do anything to prove yourself.
Their history timeline details how the greenhouse covered 4,000 square feet,
and in 1976, a 6,000 square foot greenhouse was added.
But there is a magic formula. This was the time when broadband internet was still
in its infancy and uploading the revised pages could be nothing short of tedious with a slow phone line connectivity.
It works across Windows XP, Windows Vista, and Windows 7, and Maxi - Vista surprised me by how well
it worked with it. a far cry: a long way from.
We have witnessed this first hand in this business.
Also visit my web site - Arizona Social Network - Arizona Locals
March 1, 2013 at 1:31 PM
Everyone loves it when indivіԁuals get tοgether аnd share iԁeas.
Great websitе, cоntinue the goοd work!
my wеbpage :: http://Mediabeamspk.com/index.php?do=/blog/17031/explaining-simple-advice-of-internet/
March 2, 2013 at 1:54 AM
We hit it off from the very beginning and have been together ever since, with no signs of our
love and passion for video games ever fading. When children fit these fun video game titles into actions
require time to view those facial seems to be and human body expressions.
Although others may not have a specific machine for her, but at least they have most
likely computers in their homes.
Look at my web site - Click on siestimguanglock.skyrock.com
March 5, 2013 at 6:05 AM
Post a Comment
thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.