RSS

cara mengantisipasi bencana seperti Badai Sandy


    Amerika yang merupakan negara adikuasa dengan peralatan perang yang modern akhirnya dibuat tak berdaya oleh alamnya sendiri. yah Badai Sandy yang mengamuk dibeberapa negara bagian Amerika ini memang menghancurkan properti disana. sebagai daerah yang sering terkena badai 'kecil' sebaiknya kita tahu bagaimana cara mengantisipasinya,
   Seperti dilansir dari sebuah artikel Houzz.com, arsitek asal Tampa Bay bernama Bud Dietrich, memberikan beberapa masukan untuk mengantisipasi dan mengurangi efek badai di rumah peribadi. Simak tips dari Dietrich berikut ini:

Amankan jendela dan pintu AndaKonstruksi rumah memegang peranan penting dalam persiapan Anda menghadapi badai. Untuk itu, gunakan kaca tahan benturan, serta pintu dan jendela yang mampu menahan angin kencang dan puing. Kekuatan badai mampu menerbangkan barang-barang seperti peluru sehingga perlu dipertimbangkan penggunaan shutter di jendela Anda.
Shutter atau penutup jendela ini memang tidak permanen. Untuk itu, pastikan Anda membangun "jalur" atau "dudukan" permanen untuk menempatkan shutter ini dengan mudah ketika badai datang.

Pastikan lanskap Anda bebas puingHindari menanam tanaman rimbun di sekitar rumah Anda. Walaupun Anda memiliki tanaman dengan jenis ini, cobalah berdisiplin diri untuk selalu membersihkan halaman rumah Anda dari cabang-cabang pohon dan puing-puing lain yang mampu menjadi "peluru" ketika badai datang.

Proteksi gandaBeberapa bagian rumah Anda dapat dengan mudah diterbangkan oleh angin kencang. Salah satu bagian rumah tersebut adalah atap. Untuk itu, pastikan bagian ini sudah terpasang dengan kuat.
Selain atap, pastikan juga pintu, terutama pintu garasi Anda kuat menahan angin kencang. Ketika pintu garasi berpenampang luas tersebut terbuka, berbagai barang dan puing dapat masuk ke rumah dan membahayakan Anda dan anggota keluarga lainnya.

Air harus mampu mengalirSelain konstruksi, perhatikan juga saluran-saluran yang ada di rumah Anda. Pastikan selokan tidak tersumbat. Dengan melakukan ini, minimal akibat badai yang kadang membawa air tidak menambah masalah.

Cadangan listrikBiasanya, ketika terjadi badai, listrik akan dimatikan untuk menghindari bencana datang lebih besar. Untuk mengatasi hal itu, tak ada salahnya Anda berinvestasi pada generator. Walaupun hanya generator kecil, persiapan ini tentu sudah lebih dari cukup untuk melakukan hal-hal penting saja.
Hanya, perlu diperhatikan kebisingan dari generator. Persiapkan juga lokasi yang mampu meminimalisir kebisingannya.

Persediaan cukupPastikan Anda memiliki persediaan yang cukup setidaknya untuk tiga hari. Persediaan yang Anda butuhkan adalah lampu-lampu darurat (lilin dapat juga Anda gunakan, namun lebih berisiko), baterai, air, makanan yang tidak membutuhkan lemari pendingin, dan obat-obatan.

Telepon rumahDi zaman telepon cerdas dan tablet saat ini ini, Anda, sejatinya, masih membutuhkan telepon rumah. Telepon ini mampu tetap menyala ketika listrik padam. Untuk itu, jangan remehkan kontak dengan keluarga untuk sekedar mengabarkan, bahwa Anda dan keluarga selamat dari bencana atau setidaknya justeru membutuhkan bantuan.

Pantau beritaGunakan radio bertenaga baterai untuk terus memantau berita terbaru mengenai daerah Anda. Setidaknya, Anda tahu apa yang terjadi, dan bagaimana perkiraan kondisi keamanan sekitar untuk beberapa waktu ke depan.

"Rumah jinjit" aman banjirRumah dengan konstruksi yang "mengenal sekelilingnya" memang terbukti sustainable terhadap kondisi alam. Beberapa rumah di daerah pesisir kini telah dibangun dengan menggunakan struktur "jinjit" menyerupai rumah panggung. Struktur ini membuat gelombang pasang dapat lewat tanpa harus menghantam rumah Anda.
Flooded Brooklyn Battery Tunnel in New York. 30 Oct 2012


0 Responses to "cara mengantisipasi bencana seperti Badai Sandy"

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors