RSS

Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi alias Balakama


    Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi alias Balakama. Tumbuhan kemangi adalah salah satu tumbuhan berbentuk perdu dan mempunyai pohon tegak dengan cabang yang banyak, kemangi ini bisa hidup dimanasaja. Bagian tumbuhan ini yang bisa dikonsumsi adalah daunnya. Sedangkan manfaat daun kemangi salah satunya adalah sebagai pelengkap dari masakan tertentu, misalnya buat pepes, ada juga yang dicampur dengan masakan yang bahannya dari ikan agar bau amis ikan tersebut berkurang karena adanya aroma daun kemangi yang khas.,. di Manado sendiri Daun Kemangi sering digunakan sebagai pelengkap masakan Tinutuan,. Tetapi dimasyarakat daun kemangi lebih sering digunakan sebagai lalapan untuk menemani makan ikan atau ayam goreng beserta sambel terasi. Daun kemangi memang mempunyai aroma yang khas dan baunya tajam, sehingga tidak semua orang menyukainya karena alasan tersebut.
   Daun kemangi ini sangat mudah kita temui disekitar lingkungan kita, baik itu dikebun, dihalaman depan rumah kadang sering juga ditemukan dipinggir jalan, yang tentunya hal itu bisa ditemui dikampung-kampung. Tapi bagi anda yang tinggal dikota jangan harap bisa ketemu sama si daun kemangi ini, mungkin tidak dipasar atau di supermarket sajaanda bisa menemukannya. Disamping sebagai lalapan daun kemangi juga mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, karena daun kemangi ini mengandung betakaroten dan magnesium dan juga mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Sedangkan aroma daun kemangi yang khas dipercaya bisa mengundang selera makan tentu bagi yang menyukai daun kemangi.
sebelum kita lebih jauh membahas tentang khasiat daun Kemangi, sebaiknya kita tau komposisisinya dulu:
Kandungan atau Komposisi gizi per 10 gram pada daun kemangi :
Zat Gizi Kadar
Energi (kkal) 46
Protein (g) 4,0
Lemak (g) 0,5
Karbohidrat (g) 8,9
Kalsium (mg) 45
Fosfor (mg) 75
Besi (mg) 2
Vitamin A (RE) 750
Vitamin B (mg) 0.08
Vitamin C (mg) 50
Air (g) 85

Sudah tau Komposisi di dalam daun kemangi?? som berikut manfaatnya: cekidot:
Daun kemangi untuk demam dan masuk angin pada Balita. Caranya : Ambil beberapa daun kemangi, kemudian diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa, lali dioleskan ke perut, dada, dan punggung, Akan mengatasi perut kembung/masuk angin dan deman pada anak balita. 
Sebagai Anti Peradangan. Kandungan zat cineole, myrcene dan eugenol berfungsi sebagai antibiotik alami dan antiperadangan.
Membantu pematangan sel telur (ovulasi) : Kandungan Zat stigmaasterol dalam kemangi merangsang pematangan sel telur (ovulasi).
Bisa untuk memperlancar ASI. Konsumsi langsung / buat lalap daun kemangi segar dipercaya dapat mencegah bau badan dan bau mulut, serta memperlancar ASI.
Meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke.Kandungan isoflavon pada kemangi dan juga terdapat pada kacang-kacangan seperti kedelai, buncis, kacang polong, dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke.
Kemangi dapat menunda menopouse. Kandungan Zat triptofan pada daun kemangi bisa menunda monopause. Jadi perbanyak konsumsi kemangi jika ingin menunda massa menopouse.
Kemangi bisa mencegah kemandulan. Kandungan zat arginin dalam daun kemangi bisa mencegah kemandulan, baik pria atau wanita.
Membunuh jamur penyebab keputihan. Kandungan senyawa eugenolnya dapat membunuh jamur penyebab keputihan.
Memelihara kesehatan Jantung. Kandungan betakaroten dan magnesium pada kemangi, yang merupakan mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung.
Daun kemangi terbukti ampuh untuk menyembuhkan untuk sakit kepala, pilek, diare, sembelit, cacingan, dan gangguan ginjal. 
Pengobatan menggunakan daun kemangi, yaitu dapat mengatasi sakit maag, perut kembung, masuk angin, kejang-kejang, dan badan lesu. Selain itu, aroma kemangi dapat menolak gigitan nyamuk.
dan selain manfaat diatas,. perlu anda tau juga kalau daun kemangi ini atau biasa disebut Balakama di Manado ini sangat baik untuk mencegah kemandulan dan ejekulasi Dini,. so anda yang cepat keluar sebaiknya mengkonsumsi daun kemangi ,. berikut cara menyajikannya :
Rebus daun kemangi segar atau kering sebanyak 15 gram dalam 2 gelas air selama 15 menit. Minum dua kali sehari masing-masing ½ gelas.
dari semua manfaat diatas, yang terpenting adalah manfaat memperlama 'keluar',. so rajin2 lah mengkonsumsi Daun Kemangi,. dan kalau anda penyuka tunutuan Manado maka anda sangat beruntung karena di dalamnya terdapat banyak daun kemangi,. 
demikian infonya ,. semoga bermanfaa:


0 Responses to "Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi alias Balakama"

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors