RSS

kontroversi Selamat Natal yang halal dan haram buat muslim


hari natal hampir tiba. tiba2 muncul isu yang kurang sedap didengar dimana telah beredar fatwa bahwa adalah haram hukumnya jika mengucapkan 'selamat natal' buat orang kristen dari orang muslim. sebagai orang kristen kita seharusnya jangan menanggapi terlalu serius dalam hal haram tidaknya orang di seberang mengucapkan natal. untuk itu penulis menyajikan beberapa fakta yang dirangkum dari berbagai sumber yang berkaitan dengan kasus ini:

  • selamat natal haram hukumnya buat Islam
dibeberapa situs memuat berita tentang ini, dan menurut remajaislam.com disimpulkan bahwa mengucapkan selamat natal haram hukumnya untuk kaum mereka(muslim)
"Dan tolong‐menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong‐menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertaqwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa‐Nya."(QS. al‐Maidah:2)
Sesungguhnya telah ada suri tauladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang‐orang yang bersama dengan dia; ketika mereka berkata kepada kaum mereka:"Sesungguhnya kami berlepas diri dari kamu dan dari apa yang kamu sembah selain Allah, kami ingkari (kekafiran)mu dan telah nyata antara kami dan kamu permusuhan dan kebencian buat selama‐lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja" (QS. Al‐Mumtahinah:4)
ditambahkan pula
Ibnul Qayyim dalam "Ahkam Ahludz Dzimmah" berkata :"Adapun tahni'ah (mengucapkan selamat) atas syi'ar-syi'ar kaum kuffar yang khusus bagi mereka, maka hal ini haram dengan kesepakatan para ulama. Misalnya memberi ucapan selamat atas hari-hari raya mereka dan puasa mereka, dengan ucapan seperti "Eid Mubarak (Selamat hari raya!)", atau selamat hari ini dan itu, maka hal ini seandainya pun orang yang mengucapkannya selamat dari kekafiran, ia tetap melakukan suatu hal yang diharamkan. Yaitu, telah memberi ucapan selamat atas penyembahan mereka kepada salib, yang mana hal tersebut bahkan perbuatan yang paling tercela di sisi Allah, lebih-lebih lagi memberi ucapan selamat atas perbuatan mereka dalam meminum khamr dan membunuh jiwa-jiwa tanpa hak, berbuat zina dan berbagai perbuatan haram lainnya.
#Fakta lain dari haramnya mengucapkan natal buat orang Islam adalah ketika pembicara Sheik Yahya Safi yang merupakan ustad di Mesjid Lakemba Australia melarang umatnya menyatakan selamat natal, dan itu kemudian diposting di Facebook,., katanya dengan mengucapkan selamat natal dapat melemahkan iman orang islam,. hikksss. tapi kemudian pernyataan ini dihapus karena mendapat banyak kontroversi.
yang paling aneh lagi ini, larangan ini disampaikan langsung oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maaruf Amin yang seharusnya sadar kalau negara Indonesia dibangun dengan landasan Pancasila yang diantaranya mengakui agama lain dan harusnya saling bertenggang rasa.
  • Mengucapkan Selamat Natal yang Halal
Menurut menteri Agama Suryadharma Ali kemudian menjelaskan di metrotvnews.com bahwa mengucapkan selamat natal itu halal
"Perlu diketahui, pemerintah mendorong terciptanya kerukunan antarumat beragama, jadi tidak ada masalah dengan memberi ucapan selamat Natal. Ya, itu halal." ditambahkannya lagi bahwa:
"Ulama memiliki interpretasi masing-masing dengan sumber hukum berlandaskan, di antaranya Alquran, Sunah dan ijma (kesepakatan ulama). Karena itu, perlu juga dilihat pernyataan itu sebagai fatwa lembaga atau pribadi," kata dia.
selain itu tokoh Islam dari Nahdatul Ulama (NU) Ir. Salahudin Wahid atau biasa disebut Gus Solah mendukung pernyataan menteri dengan pendapatnya bahwa mengucapkan natal itu sah- sah saja dan tidak haram.
Mengucapkan Natal adalah bentuk ungkapan saling menghormati antarpemeluk agama," kata Gus Sholah kepada Kompas.com, menurutnya lagi bahwa tidak ada landasan buat orang Muslim tidak mengucapakan selamat natal buat kita orang Kristen. "Aspek sosial tidak pernah melarang Muslim mengucapkan Natal. Saya sendiri juga mengucapkan Natal," pungkasnya.

menurut penulis:
semoga isu ini tidak memecahbelah persatuan bangsa Indonesia, dan bagi para muslim yang fanatik dan tidak mau mengucapkan selamat natal buat orang kristen, tidak apa2 karena itu memang hak anda, tapi sebaiknya anda tahu kalau Indonesia adalah negara dengan 5 agama yang berbeda,. so wake up man dan cobalah bertenggang rasa,.,
 
nikmatnya kalau kita saling menghargai,.,
kalau mau lihat tenggang rasa antar umat beragama, datang saja keManado,., tak peduli anda agama apa yang penting selama anda saling menghargai dan tidak sombong pasti diterima disini di Manado,. ,okok


0 Responses to "kontroversi Selamat Natal yang halal dan haram buat muslim"

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors