RSS

bahasa manado iklan



Iklan Bahasa Manado

Selain harus menarik, iklan harus juga mampu menyampaikan produk secara baik sehingga mengena langsung kepada pemakai produk maupun agar sangat mudah diingat. Nah, salah satu faktor yang penting untuk mendukungnya adalah faktor bahasa.
Iklan yang sifatnya nasional kebanyakan menggunakan bahasa Indonesia. Dan untuk yang menggunakan bahasa daerah, kebanyakan menggunakan bahasa yang paling banyak penduduknya, seperti bahasa Jawa, Betawi atau Sunda. Sedangkan yang menggunakan bahasa Manado, kebanyakan justru hanya untuk iklan radio atau iklan media cetak. Jadi sangat sulit mendapatkan iklan berbahasa Manado.
Tahun 1990-an, ada iklan yang bunyinya kayak ini:
"inga.....inga.....ting!!!!!!"
Ingat? Mungkin itulah iklan berbahasa Manado yang paling kena di telinga orang daerah lain, jadi banyak yang ingat bahkan mengulang-ngulangnya di kegiatan sehari-hari.
Tapi setelah itu, rasanya tidak ada lagi iklan bahasa Manado yang menonjol (koreksi ya kalau salah). Akibatnya beberapa bulan ini saya jadi kepikiran, kalau iklan aja susah ditemukan berbahasa Manado, apa bisa bahasa Manado juga dibuat dalam bentuk sinetron atau komedi situasi.......padahal seperti kita tahu lelucon bahasa Manado amat sangat menghibur......Bahkan banyak dijiplak, kalau saya dapat mengatakannya dengan sedikit bangga plus gemes......hahahahahaha....
Nah, kembali ke iklan, siapa sangka ternyata malam ini secara mengejutkan seakan menjawab pertanyaan saya beberapa bulan ini, saya melihat sebuah iklan obat sakit kepala berbahasa Manado, yang disiarkan di salah satu tv swasta Nasional. Iklan produk OSKADON........Dan, saya bersama sekeluarga sempat tercengang.
Akhirnya, walaupun seperti biasa dikemas secara lucu dan fresh yang merupakan ciri khas masyarakat Manado, Iklan itu luar biasa membuat kami bangga.
Makanan Manado sudah sangat terkenal kelezatannya. Lelucon Manado merupakan lelucon terlucu yang dapat dinikmati semua suku di Indonesia. Masyarakat Manado merupakan orang-orang dengan tingkat keramahan luar biasa. Dan akhirnya Bahasa Manado merupakan bahasa yang luar biasa dengan tingkat keseriusan maupun kelucuan berbanding seimbang dan sejajar sehingga begitu mudah berbaur di kalangan mana saja.


0 Responses to "bahasa manado iklan"

Post a Comment

thanks so baca,. tertarik? kase komen dang,.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors